BPJS Kesehatan Ambon Monev Pelayanan Kesehatan Bersama Diskes Lantamal IX

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPJS Kesehatan Cabang Ambon menggelar pertemuan monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan di Rumah Sakit TNI AL F.X Suhardjo, bersama Ketua Tim JKN RS TNI AL,F.X Suhardjo, Mayor Richart Tetelepta, Kamis (4/3/2021).

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Ambon, Koriandri R. Ta’dung, serta Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Ambon, A. Muh Dahrul Muluk.

“BPJS Kesehatan Cabang Ambon bersama Diskes Lantamal IX melakukan evaluasi pelayanan kesehatan di RS TNI AL Dr. F.X Suhardjo. Hal yang menjadi perhatian diantaranya seputar rasio rujukan, alur rujukan, kasus Unit Gawat Darurat (UGD), kasus gigi, Program Rujuk Balik (PRB) dan obat kronis,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Rumondang Pakpahan.

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan bahwa hasil kepuasan peserta JKN-KIS untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tahun 2020 adalah sebesar 81,7% dan untuk Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) adalah sebesar 81,8%.

Mengenai alur rujukan, peserta yang dirujuk ke RS TNI AL merupakan peserta yang telah diinput dalam aplikasi P-Care dan diterbitkan surat rujukannya.

Selanjutnya peserta yang datang pertama kali ke RS, membawa surat rujukan, kartu JKN-KIS atau kartu digital Mobile JKN, dan bukti identitas tambahan. Untuk peserta yang ingin kontrol ulang ke RS dapat menggunakan surat kontrol dan telah memiliki nomor untuk setiap surat kontrol.

“Mengenai tingkat kepuasan peserta terhadap layanan di FKTP sebesar 81,7%, untuk FKRTL sebesar 81,8%, dan untuk tahun depan bisa lebih ditingkatkan lagi,” ungkap Mondang.

Terkait peserta PRB bisa mendapatkan resep 30 hari di FKTP dan mengambil obat PRB pada apotek PRB yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan hal ini dapat memudahkan bagi peserta JKN-KIS dalam mengakses obat kronis. Di Ambon, apotek PRB yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, yaitu Apotek Kimia Farma Passo, Kimia Farma Urimessing, dan Manasuka.

“Dari pembahasan selama kegiatan monitoring dan evaluasi yang sudah dilakukan, terdapat pemahaman yang sama dari pihak BPJS Kesehatan dan RS TNI AL. Selanjutnya akan ditindaklanjuti terkait beberapa hal untuk dijadikan perbaikan ke depannya,” ucap Mondang.

Menurutnya, BPJS Kesehatan Cabang Ambon berharap agar pihak rumah sakit dapat mengimplementasikan alur rujukan agar dapat meningkatkan kepuasan peserta yang mendapatkan pelayanan. Ia juga mengharapkan sinergi dan kerja sama agar pihak rumah sakit dapat mengimplementasikan alur rujukan agar mempermudah layanan perserta sehingga peserta dapat lebih paham dan kepuasan peserta akan meningkat.

“Kami sepakat dengan pembahasan dari pertemuan ini untuk dilaksanakan tindak lanjut dan perbaikan  kedepannya, agar kepuasan peserta untuk FKTP di tempat kami meningkat,” ungkap Richart Tetelepta menanggapi.(ADVERTORIAL)