PANDAWA, Solusi Tepat dan Cepat di Saat Pandemi

by
FOTO : BPJS KESEHATAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pandemi berdampak terhadap semua kegiatan masyarakat, termasuk pelayanan publik. BPJS Kesehatan berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi peserta dan masyarakat.

Guna melaksanakan hal tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Ambon telah menyediakan pelayanan tanpa tatap muka melalui fitur online yaitu Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA).

Diharapkan dengan inovasi ini, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat mendapatkan layanan administrasi kepesertaan yang lebih cepat dan mudah tanpa perlu datang ke kantor.

Peserta tidak perlu khawatir karena pelayanan yang diberikan tetap sesuai dengan standar prosedur di kantor cabang.

Salah seorang yang menggunakan fitur PANDAWA ini adalah Iptu Johan W.M. Anakotta. Ia menjabat sebagai Kaur Binplin Rehab Pers Propam Polda Maluku. Bapak tiga orang anak ini, mengakui cepat dan mudahnya pengurusan administrasi kepesertaan JKN-KIS melalui PANDAWA.

“Tidak sampai sepuluh menit untuk proses pendaftaran lewat PANDAWA, yang penting berkas lengkap dan tidak ada kendala di jaringan pada saat melakukan pendaftaran. Begitu pun ketika proses cetak kartu di kantor cabang,” ungkap Johan, Jumat (12/3/2021).

Meskipun belum ada anggota keluarganya yang memanfaatkan kartu JKN-KIS, ia menilai pentingnya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Tidak ada biaya yang dikeluarkan sepeser pun pada saat menggunakan JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama maupun rumah sakit.  Hal tersebut merupakan pengalaman dari kerabatnya yang terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Jadi, tidak ada keberatan dari Johan untuk mendaftarkan mertuanya sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau jalur mandiri meskipun dikenakan iuran pembayaran per bulan.

“Meskipun belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS, saya memperoleh informasi bahwa tidak ada biaya sepeser pun yang dikeluarkan, terlebih manfaat yang didapatkan sangat besar. Jadi yang didaftarkan sekarang itu mertua saya sebagai peserta mandiri di kelas tiga. Pembayaran iurannya melalui autodebet dari rekening BRI saya, tidak masalah,” tambahnya.

Pelayanan prima juga dirasakan Johan mulai dari proses pendaftaran melalui PANDAWA hingga cetak kartu di kantor cabang. Ia pun memberikan apresiasinya untuk pelayanan yang diberikan oleh duta BPJS Kesehatan.

“Saya mengapresiasi kinerja dari pegawai BPJS Kesehatan karena pelayanan yang cepat dan humanis. Apabila ada berkas yang tidak lengkap akan langsung disampaikan sehingga saya bisa lengkapi,” tambah Johan. (ADVERTORIAL)