Grup Hiphop Ambon, Rilis Album Perdana Harap Didengar Presiden

by

TERASMALUKU.COM, AMBON, – Lahir lagi satu karya di musim pandemi oleh musisi asal Kota Ambon. Sang Saka, grup musik hip hop ini baru saja merilis album perdana mereka yang ditunggu sejak 2020 lalu pada Selasa 21 September 2021.

Grup beranggotakan Grizzly C Nahusuly, Graecyen “Miggy Mack” Santiago Jamco dan Filemon “Filaz” N Sinmiasa ini mengulik banyak isu aktual sekitar keseharian ke dalam 12 tracks lagu mereka.

Filaz, salah satu personil SANGSAKA tampil atraktif menggunakan mainan anak-anak saat membawakan lagu Kilas Balik

Dalam rilisan malam kemarin, ketiganya tampil memukau di hadapan undangan terbatas di Kyu Cafe Ambon.

Dalam penampilannya mereka kemarin ada menarik. Yakni kata kata Filaz dalam penampilan di lagu kedua yang berharap agar lagu lagu mereka bisa di dengar oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

BACA JUGA : Pemkab-DPRD dan MEA Akan Bahas PI 10 Persen Atas Migas di SBT

“Mau kasih ke presiden biar antua dengar lagu frontal,” Seru Filas saat membawakan lagu Frontal.

Dirinya menyoroti ketimpangan di negera yang kian meresahkan rakyat kecil. Seperti kebijakannya hukuman ringan bagi koruptor, ketidakmerataan pembangunan, juga suara suara rakyat yang harus berakhir bui atau dikejar.

Baginya setiap orang punya hak sama dalam bersuara termasuk memberi kritik atas apa yang rakyat rasakan.

Realita aktual ini bagi Filaz, Grizzly juga Mack merupakan hal yang perlu untuk disuarakan. Mereka mengemasnya apik ke dalam lagu-lagu dengan nafas hiphop oldschool tahun 90an.

“Kami tak ingin sekedar bermusik tapi ada yang bisa kami sampaikan melalui album ini. Kami ingin menyuarakan isu-isu sosial, politik dan masyarakat yang sedang terjadi di Indonesia saat ini,” Imbuh Filaz.

BACA JUGA : Investor Bakal Bangun Pabrik Pengolahan Sampah di Toisapu

Menyadari materi dan tema lirik yang berat dan berarti bagi kaum proletar, mereka merangakianya dengan inspirasi dari sejumlah musisi hip hop. Seperti Tupac Shakur, Naughty by Nature, Public Enemy, Jay-Z dan Pesta Rap.

“Katong inspirasi musiknya memang era 90an old school. Dan sudah katong bikin rencana rilis 2020,” Celetuk Grizzly.

Warna warna lagu mereka yang nostalgik ini tak heran membuat seisi ruangan turut bernyanyi dan menikmati setiap beat mereka. Apalagi pada penampilan membawakan lagu ‘Kilas Balik’. Dimana lagu itu bercerita tentang kehidupan masa kanak kanak yang hanya bermain tidak memikirkan kesusahan dengan musuh mereka hanyalah tidur siang.

(Kiri-kanan) Mack, Filaz dan Grizzly bakal melakukan gigs serupa di beberapa daerah di Maluku untuk dalam rangka perilisan album perdana mereka

“Katong samua pasti ada dan pernah di titik itu. Rindu masa kacil yang tau bermain tanpa beban pikir makan kerja. Jadi mau bawakan akang sebagai salah satu track lagu. Kalau ada kesempatan tampil katong akan bawakan seperti tadi,” Jelas Grizzly yang dalam penampilan ketiganya menggunakan sepeda anak anak, topeng topengan dan kain sarung yang diikat di leher menyerupai sayap superman.

Dalam perilisan kemarin mereka membawa sedikitnya 500 keping disck dengan 20 paket album khusus yang habis terjual tak lebih dari 2 jam.

Mereka memang sengaja mengusung perilisan fisik. Bagi ketiganya dan juga sang manejer Debra Soplantila yang hadir rilisan fisik jauh lebih efektif dan berkelas.

“Sejak awal memang konsepnya pakai fisik. Sebab rasanya agak kurang kalau ditanya sudah punya album laku katong kirim WA link donload atau dengar rasanya bagaimana begitu. Dan pakai fisik jauh lebih terlihat ada buktinya dan berkelas,” Tutur Debra.

Dari 500 keping saat ini sudah terjual sekitar 100. Rencananya akan ada gigs kecil serupa ke beberapa daerah di Maluku sambil menjual album mereka. (PRISKA BIRAHY)