Rumah Beta Maluku Bantu Sahabat ODHA di Lapas Kelas II A

by
Direktur Rumah Beta Maluku Evelyn Kaya saat menyerahkan bantuan kepada sahabat ODHA warga binaan Lapas Kelas IIA Aambon, (14/10)

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sebanyak 5 orang ODHA (orang dengan HIV/AIDS) penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambon menerima bantuan dari Rumah Beta Maluku. Yakni berupa kebutuhan sanitasi dan tambahan nutrisi.

Direktur RBM, Evelyn Kaya menyatakan bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan dan kepedulian bagi sasama sahabat ODHA yang dilangsungkan dalam rangka perayaan HUT RBM ke-6.

Pengurus RBM saat bertemu sahabat ODHA di Lapas Kelas II A Ambon

Evelyn datang bersama beberapa anggota RBM dan menyerahkan langsung bantuan keperluan mandi dan mencuci kepada 5 warga binaan di lapas.

“Bantuannya berupa, odol gigi, sikat gigi, sabun mandi, sandal jepit dan tambahan nutrisi susu, biskuit begitu. Beta diberi tahu oleh orang di lapas,” kata perempuan yang akrab disapa Evi itu usai menyerahkan bantuan di lapas pagi tadi, (14/10/2021).

Bantuan kepada 5 orang itu mereka himpun melalui pengadaan bazar. Dana yang terkumpul lalu dipakai salah satunya untuk membantu rekan-rekan ODHA di lapas.

“Katong dapat dari dana bazar. Harapannya supaya katong bisa rayakan ultah dengan cara yang lebih bermakna. Seng hanya buat warga di lapas, tapi juga pernas untuk sahabat ODHA yang sakit pun disabilitas,” terangnya.

Penyaluran bantaun ke lapas ini merupakan yang kali kedua. Kali pertama, RBM menyalurkan program bantuan Kemensos selama hampir setahun. Yaitu kepada 1 orang warga lapas di 2019.

Kegiatan ini pun mendapat respon baik dari pihak Lapas. Perawat Lapas Yolanda Litaay mengatakan ini merupakan kegiatan positif membantu warga binaan khususnya sahabat ODHA.

“Sangat membantu sekali khususnya bagi warga binaan yang keluarganya jauh. Itu memberikan hal yang positif buat mereka,” terang Yolanda.

Direktur Rumah Beta Maluku Evelyn Kaya beraam perawat Lapas Kelas II A Ambon

Pemberian bantuan juga dimaknai sebagai dukungan moral kepada sahabat ODHA meski berada di dalam lapas.

Sebelumnya juga ada bantuan berupa obat-obatan, buku panduan menjaga kesehatan ODHA, hingga uang tunai. Evie menambahkan bantuan kepada sahabat ODHA juga terselenggara berkat dukungan ibu Dwi Prihandini, Pendiri dan Direktur Clerry Cleffy Institute.

Dukungan tersebut berupa penyaluran dana pengobatan ODHA. RBM sebagai penyalur bantuan tersebut sudah menjangkau sekitar 30 ODHA.

Dia berharap dukungan dalam bentuk apapun dapat meningkatkan kualiats hidup dan semangat sahabat ODHA untuk tetap berkarya. (PRISKA BIRAHY)