Dari Kunjungan KNVB, Pemkot Ambon Harap Ada Kerjasama Kembangkan Potensi Sepakbola

by
Dari kiri : Perwakilan KNVB, Estafano van Aanholt, punggawa Persib Bandung asal Ternate, Ardi Idris, pemain naturalisasi Marck Klok, Pelaksana Tugas Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Ambon, Saidna Azhar Bin Tahir, Kepala Keuangan dan Aset Kota Ambon, Afris Gaspersz dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Richard Luhukay saat jumpa pers di Caffe Twenty Seven, Ambon, Sabtu (6/11/2021). Foto : terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota Ambon berharap ada kerjasama yang bisa dijalin antara Ambon dengan Asosiasi Sepakbola Kerajaan Belanda atau KNVB untuk pengembangan potensi sepakbola di Ambon setelah adanya kunjungan dari perwakilan KNVB di Kota Ambon, Sabtu (6/11/2021).

Harapan itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Richard Luhukay dan juga Plt Kepala BPKAD Kota Ambon, Afris Gaspersz dihadapan Estafano van Aanholt, perwakilan KNVB yang datang ke Ambon.

BACA JUGA : Sambangi Ambon, Estafano : KNVB Mau Sampaikan Terimakasih untuk Fans di Ambon

BACA JUGA : Irfan Bachdim Batal, Punggawa Persib Asal Ternate Diboyong KNVB Dampingi Pemain Naturalisasi Sambangi Ambon

Estafeno juga memberikan lampu hijau karena punya keinginan bantu kembangkan potensi sepakbola di Ambon melalui pelatihan bagi anak-anak Ambon agar menjadi pesepakbola profesional.

“Kita kasi kembali ke Indonesia juga kalau kalian mau evelopment (dikembangkan skill) di Belanda ada baik sekali. Kita mau kasi apresiasi dan opprtunity (peluang) ke orang Ambon, untuk kasi anak-anak disini (Ambon) kedepannya untuk di-evelopment dan saya pikir kedepan saya dan KNVB untuk bantu anak-anak di Ambon untuk menjadi pemain bola profesional. Saya juga orang Ambon asli, saya mau bikin apa-apa (melakukan sesuatu) untuk Ambon,”kata Estafano saat jumpa pers di Caffe Twenty Seven, Ambon, Sabtu (6/11/2021) didampingi punggawa Persib Bandung asal Ternate, Ardi Idris, pemain naturalisasi Marck Klok, Pelaksana Tugas Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Ambon, Saidna Azhar Bin Tahir, Kepala Keuangan dan Aset Kota Ambon, Afris Gaspersz dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Richard Luhukay.

Apalagi kata estafano menambahkan, saat ini ada dua tim sepakbola di Ambon, Maluku, yakni Maluku FC dan Jong Ambon FC dan dirinya juga tengah mencari partnership di Indonesia. “Sekarang ada tim baru di Maluku, kita punya rencana kita kasi opportunity (peluang), saya cari parnertship di Indonesia, saya punya kemauan di Maluku. Minta support untuk proyek ini,”sambungnya.

BACA JUGA :  Ratusan Pemuda Maluku Dilatih Jadi Kader Anti Narkoba

Menanggapi hal ini, Plt Kepala BPKAD Kota Ambon, Afis Gaspersz langsung menyambut baik. “Ini potensi yang besar, kedepan kita bisa bangun kerjasama, kita akan cari bibit terbaik disini untuk mungkin sekolah bola di Belanda atau misalnya dari Belanda datang berikan pendampingan bagi anak-anak kita disini,”kata Gaspersz.

Apalagi ini dinilai sangat penting bagi kemajuan dunia sepakbola. “Ini potensi yang luar biasa dan kita harap Pemerintah Kota melihat ini sebagai sesuatu yang sangat penting bagi pembangunan olahraga kedepan khususnya sepakbola,”tandasnya.

Kadispora Kota Ambon, Richard Luhukay menambahkan diharapakan kerjasama dengan KNVB ini bisa lahirkan Ambon Selection sebagaimana Garuda Selection tempo hari yang sudah pernah dijajaki KNVB di Indonesia.

“Kalau di Indonesia yang saya tahu Garuda Selection, maybe next time (mungkin di kesempatan berikutnya) ada Ambon Selection dan itu bertempat di Belanda. Jadi anak-anak muda kita yang punya potensi, mungkin dari Maluku FC Jong Ambon FC diseleksi person-person (satu-satu), yang punya potensi kita sekolahkan, ketika mereka balik mereka bisa buat lebih banyak lagi buat timnya dan ini mungkin saya berharap dukungan dari DPRD untuk bisa support dan dorong agar ada anggaran pembiayaan khusus buat anak-anak Ambon selection,”harapnya.

Sementara Saidna bin Thahir yang juga Sekretaris Komisi I DPRD Kota Ambon, dalam kesempatan ini sudah memastikan dukungannya dengan mendorong ada pembiayan atau anggaran untuk pengembangan potensi sepakbola Ambon. (Ruzady)

No More Posts Available.

No more pages to load.