Dishub Akan Bangun Kantor Pengawasan CCTV Pantau Lalin di Kota Ambon

by
Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Dua ruas jalan utama di Kota Ambon akan diberi Closed Circuit Television (CCTV) sebagai pengawasan ketertiban lalu lintas. Yakni pada ruas Jalan A.Y Patty dan Jalan Slamet Riyadi.

Pemasangan itu untuk mengawasi aktivitas lalu lintas masayrakat. Sekaligus mencatat setiap pelanggaran di jalan raya oleh pengendera.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette menjelaskan pemasangan itu akan dibarengi dengan pembangunan kantor pusat pengontrol CCTV.

“Tahun depan (2022) kantor pusat pengontrolan CCTV akan dibangun, setelah itu baru pemasangan CCTV,” jelas Robby.

Untuk pengerjaan pemasangan CCTV, dishub kata Robby akan  meminta sejumlah instansi terkait. Yakni dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Maluku dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara (Korlantas) Republik Indonesia.

Menurutunya pemasangan itu diharapkan dapat membantu kerja pihak kepolisian juga dinas perhubungan dalam mengawasi lalu lintas di Kota Ambon.

“Pemasangan CCTV di kawasan tertib lalu lintas (KTL) itu supaya masyarakat lebih tertib,” ungkap Sapulette kepda Siwalima di Balai Kota Ambon. Petugas kan tidak 24 jam berada dilapangan untuk mengawasi aktivitas lalulintas (Lalin),” katanya.

Nantinya akan ada survei yang dilakukan bersama kepolisian dengan perhubungan untuk menentukan titik pemasangan CCTV. Lokasinya menurut Robby bisa di Jembatan Merah Putih maupun Jalan Jenderal Sudirman. (PRISKA BIRAHY)