Diskominfo Kota Ambon Godok Perwali Pemasangan CCTV

by
: ALFIAN

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Dalam waktu dekat pemerintah kota ambon akan menerbitkan perwali yang mengatur pemasangan CCTV. Deretan pertokoan, rumah makan dan hotel akan menjadi lokasi pemasangan CCTV.

Dinas Komunikasi, Informatika & Persandian Kota Ambon, Joy Andriaansz menyatakan pihaknya tengah menggodok perwali. Target pemasangan adalah di lokasi potensial untuk memantau aktivitas warga juga sekaligus pengawasan terhadap wajib pajak dan retribusi.

“Dalam beberapa hari kedepan kami sedang godok perwali untuk CCTV. Rencana pasangnya di area pertokoan rumah makan dan hotel. Ini untuk pantau dan awasi retribusi,”kata Joy usai sosialisasi vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Perumnas Waiheru, Ambon, (6/1/2022).

Mengenai kejelasan lokasi semua akan tertuang dalam perwali. Nantinya aturan ini akan disosialisasi kepada pemilik usaha dan gedung. Cara itu untuk memudahkan pemerintah dalam mengawasi pemasukan retribusi.

Fungsi CCTV itu juga untuk membantu pengawasan keamanan di kota. Pemkot telah berkoordinasi dengan peihka kepolisian terkait hal itu.

Pada beberapa titik sudah dipasang kamera pengawas. Hanya dia mengakui pemasangan di JMP yang masih terkendala. “Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait tapi terbelit aturan harus izin ke kementerian. Kalaupun ada kamera tidak bersifat preventif,” terang Joy.

Dia menyayangkan akses ke kamera CCTV di JMP hanya berupa rekaman. Padahal sudah bayak terjadi tindak kriminal di JMP. Sayangnya pihak kepolisian tidak bisa mencegah itu lantaran tidak ada kamera pengawas yang bekerja secara live. (PRISKA BIRAHY)