Peluncuran SPKLU, Hemat Pengisian Mobil Listrik Kurang Dari 1 Jam

by
Walikota Ambon bersama GM PLN UIW Maluku dan Maluku Utara saat mencoba pengisian batrai mobil listrik pada SPKLU, (17/1). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Kota Ambon menjadi satu dari 6 kota yang secara resmi telah meluncurkan SPKLU (stasiun pengisian Kendaraan listrik Listrik).  Peresmian ini sekaligus mendorong penggunan kendaraan ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Kehadiran SPKLU ini akan lebih memudahkan pengguna kendaraan listrik dalam mengisi bahan bakar. Dalam peresmian itu General Manager PLN Unit Wilayah Induk Maluku dan Maluku Utara Adams Yogasara menuturkan kelebihan SPKLU dapat memenuhi daya kendaraan dengan cepat dalam waktu singkat.

“Mobil listrik ini fast charging dengan kapasitas 50 KW, pengisian daya hanya 45 menit di SPKLU. Mulai dari 0 sampai 100 persen. sangat cepat,” terang Adams saat memberi sambutan di peluncuran SPKLU di Ambon pagi tadi, (17/1/2022).

Pengisian tenaga listrik ke kendaraan diklaim jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan di rumah. Dengan daya yang telah ditentukan, pemilik kendaraan dapat menghemat waktu pengisian. Yakni hanya 45 menit. Sementara jika mengisi batrai di rumah, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

Pada kesempatan itu hadir pula Walikota Ambon Richard Louhenapessy. Adams berharap ada dukungan pemerintah kota untuk mengurangi polusi di Kota Ambon.

Richard dalam sambutan setelahnya menyampaikan ada pelang besar warga kota beralih ke mobil listrik. “Mobil listrik ini dapat mengurangi emisi karbon,” tuturnya.

Dengan begitu, kata Richard udara di Ambon tetap terjadi bersih dana man bagi warga. Apalagi Ambon tergolong kota dengan kualitas udara bersih. “Ambon itu masuk kota sedang dengan langit terbiru se-Indonesia selama empat tahun berturut-turut,”jelas Richard bangga.

Dia yakin penggunaan kendaraan listrik berimplikasi pada kesehatan lingkungan. Hal ini akan menjadi investasi jangka panjang yang baik, jika digarap bersama sejumlah pihak. (PRISKA BIRAHY)