Hore! Antibodi Covid-19 Orang Ambon Terbagus di Indonesia

by
Tenaga kesehatan yang melakukan uji sampel dengan rapid test. FOTO: Dok. Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, –  Warga Kota Ambon patut berbangga. Pasalnya Ambon menempati urutan teratas wilayah dengan masyarakat yang punya antibodi COVID-19 terbagus di Indonesia.

Bukan kaleng-kaleng, hasil itu diperoleh dari survei serologi peneliti dari Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

“Sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri di Jakarta, bahwa dari hasil sero survei terhadap 234 responden di Kota Ambon, 96,9 persen diantaranya telah memiliki antibodi COVID -19,” kata Wali Kota, Richard Louhenapessy, Sabtu (19/3/2022) di Ambon.

Ada sebanyak 100 kabupaten/kota di Indonesia yang dites oleh FKM-UI bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Penelitian tersebut dilakukan tidak hanya di wilayah aglomerasi atau kawasan yang terhubung dalam suatu kesatuan wilayah, maupun wilayah non-aglomerasi.

Survei dilakukan pada November – Desember 2021. Hasilnya 86,6% penduduk Indonesia punya kekebalan terhadap Covid-19 pada bulan tersebut. Jumlah itu terus meninggi seiring program vaksinasi.

“Secara nasional, 86,6 persen penduduk telah memiliki antibodi COVID-19. Tingkat kekebalan paling tinggi dimiliki oleh orang yang telah terpapar dan menerima vaksinasi,” ungkapnya.

Dikatakan Wali Kota, diumumkannya hasil survei Serologi ini merupakan hal yang positif bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan masyarakat dalam upaya pengendalian penyebaran COVID-19.

Dirinya menambahkan, hasil Survei serologi Kota Ambon mengungguli Kota Administratif Jakarta Pusat di posisi kedua dengan kekebalan 96,5 persen, Kemudian Kota Jayapura di posisi ketiga yang 96,3 persen penduduknya telah kebal COVID-19. (PRISKA BIRAHY)