Penyebab Listrik Padam, Sistem Belum Terkoneksi ke Kapal BMPP

oleh
Kapal listrik buatan Indonesia, BMPP Nusantara 1 belum terkoneksi sistem, akibatkan pemadaman di sejumlah daerah secara acak, (10/5). FOTO: PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Terhitung hari ketiga, pemadaman berkala secara acak di Kota Ambon. Penyebabnya, belum terkoneksi sistem kelistrikan di kapal Barge Mounted Power Plant (BMPP) Nusantara-1 secara sempurna.

Paska-penarikan kapal Turki Floating Power Plan (LMVPP) Karadeniz Yasin Bey, BMPP resmi beroperasi memberikan kebutuhan listrik. Namun sejak Minggu subuh 8 Mei 2022 hingga Selasa (10/5/2022) ini terjadi pemadaman.

Warga mengeluhkan kondis tersebut. ada banyak kerugian serta kendala dalam berkativitas. Apalagi proses pemadaman secara acak dan pada jam-jam sibuk.

Menanggapi hal itu pihak PLN menyatakan ada kendala pada proses konektifitas sistem pada kapal listrik yang baru beroperasi itu.

“Kapal BMPP belum bisa masuk sistem. Imbas dari kejadian Blackout yang terjadi pada hari Minggu,” terang Manager Komunikasi dan PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU), Hairul Hatala.

Belum terkoneksi sistem karena blackout berakibat pada gangguan kabel obstik, arester dan jaringan. Itulah sebabnya, terjadi pemadaman di hampir semua wilayah secara berkala dan acak.

Menurut Hairul, saat ini sistem kelistrikan diliahkan ke tiga mesin pembangkit. Yaitu PLTD Hative, PLTD Poka dan PLTMG Waai. Sementara BMPP belum beroperasi.

“Katong berharap segara selesai. Petugas di lapangan juga terus melakukan upaya untuk menormalkan kondisi yang ada,” terangnya. (PRISKA BIRAHY)

BACA JUGA :  Belum Capai Target 95 Persen, Imunisasi MR Diperpanjang

No More Posts Available.

No more pages to load.