Optimalkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Cabang Ambon Lakukan Monitoring dan Evaluasi PIPP Puskesmas

by
BPJS Kesehatan Cabang Ambon Adakan Monitoring dan Evaluasi PIPP Puskesmas. FOTO : BPJS KESEHATAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPJS Kesehatan Cabang Ambon mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta (PIPP) Puskesmas se-Kota Ambon, Senin (28/3/2022).

Pertemuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya mengenai pemberian informasi dan penanganan pengaduan.

BACA JUGA : Pastikan Keakuratan Data, BPJS Kesehatan Ambon Gelar Rekonsiliasi Badan Usaha

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Ade Eka Satrya menjelaskan, petugas PIPP di Puskesmas merupakan ujung tombak dalam pemberian pelayanan pertama kepada peserta JKN-KIS.

“Monitoring dan evaluasi ini merupakan tindak lanjut dari pembentukan petugas PIPP Puskesmas yang telah dibentuk tahun lalu. Kami berharap petugas PIPP di Puskesmas dapat selalu memberikan pelayanan optimal kepada peserta JKN-KIS, hal ini karena Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan primer atau pelayanan pertama yang didapatkan oleh peserta JKN-KIS,” tutur Ade.

Ia juga menambahkan bahwa Puskesmas perlu tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan optimal khususnya di bidang pemberian informasi dan pengaduan sehingga memaksimalkan performa pelayanan Puskesmas.

“Di Kota Ambon terdapat dua puluh dua Puskesmas dan masing-masing Puskesmas telah memiliki petugas PIPP. Kami berharap Puskesmas dapat memaksimalkan pemberian informasi dan penanganan pengaduan kepada Peserta JKN-KIS kemudian mengisi keluhan Peserta di aplikasi SIPP. Kami berharap pula adanya petunjuk yang lebih jelas agar memudahkan peserta jika ingin meminta informasi atau menyampaikan keluhan. Jika terdapat kendala yang belum bisa ditangani di Puskesmas, dapat menghubungi kami agar kita dapat mencari solusi bersama,” tambah Ade.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan pula bahwa apresiasi kepada petugas PIPP Puskesmas Ch. M. Tiahahu, yang merupakan petugas PIPP Puskesmas se-Kota Ambon yang paling care.

BACA JUGA :  Bulog Datangkan 200 Ton Gula Pasir ke Ambon dan Ternate

Perwakilan Puskesmas Ch. M.Tiahahu, Dian Anastasya Pietersz menyampaikan ucapan terima kasih dan masukan untuk selalu mengutamakan kesehatan pasien.

“Saya sangat berterima kasih kepada pasien dan BPJS Kesehatan atas kerja samanya selama ini. Saya ingin memberi masukan ketika ada kendala dari berbagai macam instansi, ada baiknya dapat saling sinergi dan berkolaborasi. Baik itu dari FKTP maupun rumah sakit, agar kesehatan pasien dapat dioptimalkan,” ujar Dian. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.