Pembersihan Lapak PKL di Terminal Mardika Ambon

oleh
Petugas gabungan membersihkan lapak PKL yang memadati median Terminal Mardika Ambon, Selasa (2/8/2022). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON,- Petugas gabungan Kota Ambon merealisasi pembersihan Terminal Mardika dari lapak PKL, Selasa (2/8/2022) pagi.

Sejumlah bangunan semi permanen dan gerobak dibongkar petugas Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan dan Perindusterian Kota Ambon, aparat Kepolisian dan TNI. Pembongkaran itu merupakan salah satu puncak dari mengembalikan fungsi Terminal Mardika.

Angkutan umum mulai memadati Terminal Mardika sepertia semula tanpa terhalang lapak PKL

Belakangan jumlah PKL makin tak terkendali. Mereka memakan area tengah terminal yang biasanya jadi tempat ngetam angkutan umum. Hal itu akibatkan mobilisasi angkot terhambat, jalan masuk terminal mampet berujuang kemacetan.

Dari pantauan Terasmaluku.com di Terminal Mardika, angkutam umum sudah leluasa masuk ke dalam terminal. Tidak ada kemacetan signifikan di jalan masuk. Aktivitas menaikturunkan penumpang pun lancar.

Umi, pedagang buah di Terminal Mardika mendukung penertiban itu. Pasalnya kondisi pasar makin semrawut terlebih jika ada PKL membuka lapak di tengah terminal.

“Dong kalau buka lapak itu jadi macet, angkot seng bisa parkir bae-bae. Kalau mau buka itu diatas jam 5 ka, ini dong buka lai dari jam 3,” aku Umi pedagang buah yang berjulan di tepian terminal, Selasa (2/8/2022).

Umi dan beberapa pedagang lain sempat menegur PKL yang menggelar lapak di tengah terminal. “Tapi dong jua bilang katong cari makan. Lalu mau bikin apa,” ucapnya.

Meski begitu lapak warga Mamala itu ikut kena pembongkaran. Yakni pada bagian depan. Dia dan pedagang di tepian terminal diperingati untuk tidak menambah bangunan melebihi batas.

Sebelum ada penertiban, Umi dan rekan sesama pedagang telah menerima surat edaran dari Pemkot Ambon sebanyak tiga kali.

“Hasilnya sudah mulai nampak dengan buka jalur. Kami usahakan supaya tidak ada pedagang yang berjualan lagi di situ,” ujar Asisten II Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Ambon, Fahmi Salatalohy, Selasa (2/8/2022) saat pimpin penertiban PKL di Terminal Mardika. (PRISKA BIRAHY)

BACA JUGA :  Binda Maluku Salurkan Bantuan Untuk Warga Korban Gempa di Tanimbar

No More Posts Available.

No more pages to load.