Tingkatkan Sinergi Dengan Faskes, Dorong Peningkatan Layanan Kepada Peserta JKN

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Ade Eka Satrya menekankan Puskesmas sebagai ujung tombak pemberian pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sehingga kepuasan peserta JKN terhadap pelayanan kesehatan di FKTP perlu diperhatikan.

“Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan pertama yang didapatkan oleh peserta JKN sehingga atas pelayanan kesehatan yang dilakukan, perlu juga dilakukan monitoring dan evaluasi. Kami berupaya untuk memudahkan peserta yang ingin mendapatkan informasi atau menyalurkan pengaduan terhadap pelayanan kesehatan yang telah diberikan, melalui Aplikasi saluran informasi dan penanganan pengaduan (SIPP),” tutur Ade dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pemberian Informasi Dan Penanganan Pengaduan Peserta (PIPP) Puskesmas se Kota Ambon, Rabu (14/9/2022).

Ia juga menyampaikan perlunya petugas PIPP Puskesmas memaksimalkan pemberian informasi dan penanganan pengaduan untuk menjamin pemberian pelayanan optimal kepada peserta JKN.

“Harapan kami, petugas SIPP Puskesmas dapat memberikan informasi yang akurat dan menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan oleh peserta agar dapat dijadikan perbaikan bersama sehingga pelayanan yang diberikan kepada peserta dapat ditingkatkan dan semuanya tercatat dalam sistem. Selain itu kami berharap agar Puskesmas dapat memberikan arah dan petunjuk yang lebih jelas kepada peserta ke mana jika ada permintaan informasi dan penyampaian pengaduan peserta terkait pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Ade menambahkan jika terdapat pengaduan atau masalah yang tidak bisa diselesaikan, petugas PIPP Puskesmas bisa menyampaikan kepada BPJS Kesehatan sehingga pengaduan peserta bisa ditindaklanjuti, mengingat hal ini merupakan bagian dari memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN.

Sementara itu, Petugas PIPP Puskesmas Urimessing, Martje Huwae menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kegiatan tersebut sebagai sarana diskusi untuk memberi catatan dan perbaikan ke depannya.

BACA JUGA :  Kampung Pemulihan (3), Pola Hidup Baru Oleh : Pdt Elifas Maspaitella, Sekum Sinode GPM

“Saya berterima kasih kepada BPJS Kesehatan telah mengadakan kegiatan ini. Kami bisa mengetahui pencapaian yang telah kami lakukan dan bisa memperbaiki catatan dan hal-hal yang menjadi kendala selama ini bisa dicarikan solusi bersama,” ujar Martje. (ADV)

No More Posts Available.

No more pages to load.