Sah! UMK Kota Ambon 2024 Naik 3,82 Persen

oleh
Ilustrasi. Foto : suara.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Upah minimum kota (UMK) 2024 naik 3,82 persen. Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon dan Dewan Pengupahan telah menetapkan UMK 2024 sebesar Rp 2.991.299.

Penetapan dan penandatanganan dilakukan pada Kamis siang (23/22/2023) di Hotel Manise. “Penetapan berdasarkan hasil rapat bahwa UMK Ambon alami kenaikan sebesar 3,82 persen dari tahun lalu,” jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon, Steiven Patty.

Selisih kenaikan UMK Kota tahun lalu adalah Rp 110.188 dengan UMK 2024. Patty mengaku telah ada pertimbangan dan perhitungan matang yang mana mengacu pada PP No. 51 Tahun 2023 tentang pengupahan.

“Indikator penentu formula pengupahan, yakni upah minimum kota sebelumnya ditambah penyesuaian UMK, data BPS kemudian ada pertumbuhan ekonomi kota Ambon 5,23 persen serta inflasi September 3,04 persen,” jelasnya.

Dia memastikan penetapan bersama dewan pengupahan sesuai apa yang diamanatkan dalam aturan pemerintah. Yakni UMK Kota Ambon harus lebih tinggi niainya dari UMP. Yakni UMP senilai Rp 2.949.953 .

Pada kesempatan itu, Patty juga ingatkan masyarakat bahwa UMK berlaku pada sektor usaha sedang dan besar.

Sementara untuk usaha kecil atau mikro diberlakukan sesuai kebijakan perusahaan. “UMK ini berlaku bagi usaha menengah dan besar. Juga diperuntukan bagi pekerja yang usia kerjanya dibawah 1 tahun,” terangnya.

Sementara pekerja yang massa kerjanya lebih dari 1 tahun di perusahaan swasta mengacu pada struktur dan skala upah perusahaan tersebut.

UMK ini juga tidak berlaku bagi usaha kecil dan mikro. Upah usaha kecil dan mikro disepakati bersama antara pencari kerja dan pemberi kerja.

Penulis: Editor

BACA JUGA :  Sejumlah Jabatan di Jajaran Korem 151/Binaiya Diserahterimakan

No More Posts Available.

No more pages to load.