Workshop Penguatan Wawasan Kebangsaan untuk Wartawan Jelang Pilkada 2024, Pj Walikota : Peran Pers Sangat Penting

oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena katakan peran pers sangatlah penting dalam menjaga situasi politik yang aman, damai dan adil terlebih jelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 pada November nanti.

Pers juga kata Bodewin, dituntut jaga netralitas dan profesionalitas dengan menyajikan informasi berimbang atau cover both inside dalam menjaga situasi politik yang berkembang sehingga tidak menimbulkan kegaduhan ditengah publik.

Bahkan Pj Walikota Ambon ini menyebut, dalam konteks politik yang sengit, ada kemungkinan beberapa pihak akan mencoba memutarbalikkan fakta dan memanfaatkan media sebagai sarana untuk menyerang lawan politik.

“Hal ini tentu bisa mengancam integritas proses demokrasi dan mempengaruhi persepsi publik,” kata Bodewin pada Workshop Penguatan Wawasan Kebangsaan untuk Wartawan di Kota Ambon Menjelang Pilkada Tahun 2024 diselenggarakan Pemkot Ambon berkolaborasi dengan Ambon Ekspres Institute, di Ambon, Senin (11/3/2024).

Lewat kesempatan ini, Bodewin menghimbau agar masyarakat tetap kritis terhadap informasi yang disajikan, dan memastikan sumber informasi dapat dipercaya dan independen.

Begitu juga dengan pihak berwenang, diimbaunya harus aktif dalam mengawasi dan menindak tindakan kecurangan dalam kampanye politik.

Hal ini bertujuan agar proses demokrasi dapat berlangsung dengan adil dan transparan.

“Pilkada semakin dekat, situasi semakin memanas akan ada banyak yang memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan, lalu memutarbalikkan fakta, memanfaatkan media sebagai sarana untuk menyerang orang lain dan sebagainya. Saya rasa ini tantangan yang mesti kita pikirkan jelang Pilkada,”ujarnya.

Tokoh Pers Maluku, Novi Pinontoan mengatakan, pers miliki tanggungjawab menyajikan informasi secara objektif dan berimbang tanpa memihak atau menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

“Wartawan harus mematuhi prinsip-prinsip etika jurnalistik dan berfokus pada pemberitaan yang berkualitas dan bertanggung jawab,”jelasnya.

BACA JUGA :  Dukungan Pun Datang Dari Penjabat Raja Soal Penutupan Lokalisasi

Penulis : Ruzady Adjis

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.