Peran Aktif BPJS Ketenagakerjaan Maluku di Hari Buruh, Sosialisasikan Program Jamsostek Termasuk JKP kepada Serikat Pekerja

oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPJS Ketenagakerjaan Maluku turut berperan aktif dalam peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) Tahun 2024 di Kota Ambon, ibukota Provinsi Maluku, Rabu (1/5/2024).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan empat Serikat Pekerja Buruh di Maluku bertemakan “Pekerja Buruh Maluku Sejahtera, Indonesia Jaya” ini, BPJS Ketenagakerjaan Maluku aktif beri penyegaran kembali seputar program-program jaminan sosial ketenakerjaan (Jamsostek) kepada anggota serikat pekerja lewat sosialisasi.

BPJS Ketenagakerjaan Maluku membangun sinergi bersama serikat pekerja sebagai upaya untuk ikut dalam menyebarluaskan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi anggotanya.

“Menyambut May Day atau Peringatan Hari Buruh yang diperingati setiap 1 Mei, pada tahun 2024 ini BPJS Ketenagakerjaan Maluku turut berperan aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja Maluku berupa sosialisasi bersama anggota Serikat Pekerja Maluku untuk memberikan penyegaran kembali terkait seluruh program BPJS Ketenagakerjaan,”kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Maluku, Sevy Renita Setyaningrum.

Dalam sosialisasi, salah satu program yang disampaikan adalah program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), dimana peserta mendapat manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja dan pelatihan kerja bagi pekerja/buruh yang terdampak risiko Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Sehingga diharapkan program ini dapat memberikan tambahan kompetensi dan keterampilan serta memenuhi kebutuhan hidup layak seraya berusaha mendapatkan pekerjaan kembali,”tandasnya.

Sekedar tahu, lewat kesempatan ini, empat konfederasi buruh yakni Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Sejahtera Indonesia (KSPSI) dan Federasi Serikat Buruh Nasional (SBNI) Provinsi deklasikan Dewan Pekerja Buruh Provinsi Maluku

“Terkait deklarasi dewan pekerja, harapan kedepan semoga dapat mengawal proses meningkatnya Universal Coverage Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang saat ini untuk provinsi maluku masih pada angka 45 persen dan bisa menjadi 100 persen pekerja baik sektor formal maupun informal telah terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan,”tandasnya.

BACA JUGA :  Jamaludin Bugis Resmi Jabat Kakanwil Kemenag Maluku

Penulis : Ruzady Adjis

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.