Kuliah PGSD dan PGPAUD UT Tak Perlu SK Mengajar

oleh
oleh
Direktur Universitas Terbuka Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori, S.IP., M.AP saat memberikan sambutan pada pembukaan turnamen free fire di aula SMK Negeri 5 Ambon, Sabtu (27/1/2024). (Foto: Terasmaluku.com)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Kabar gembira datang lagi dari Universitas Terbuka (UT) Ambon. Kali ini UT resmi membuka pendaftaran calon mahasiswa baru untuk Program Studi S1 Pendidikan Guru SD (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) pre-service (pra-jabatan). Artinya, mulai semester 2024/2025  Ganjil ini mereka yang ingin mendaftar di kedua Prodi tersebut tidak perlu lagi melampirkan Surat Keterangan (SK) Mengajar.

Menurut Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori, sebelumnya UT sudah membuka Prodi S1 PGSD in service (dalam jabatan) sejak tahun 2002, dan Prodi S1 PGPAUD in service  sejak tahun 2006. Untuk kedua Prodi tersebut calon mahasiswa wajib menyertakan SK Mengajar minimal 1 tahun.

“Pada tahun 2024, dengan mempertimbangkan perluasan jangkauan layanan pendidikan, memenuhi animo masyarakat serta mengantisipasi ketersediaan calon guru untuk jenjang sekolah dasar dan pendidikan anak usia dini di Provinsi Maluku, maka kami membuka dua prodi tersebut. Calon mahasiswa baru tidak perlu menyertakan SK Mengajar,” urai Yuli.

Ditambahkannya, Peserta program S1 PGSD Prajabatan (Pre-Service) adalah mereka yang memiliki ijazah SLTA sederajat ataupun Paket C. Bagi mereka yang memiliki ijazah Diploma termasuk mereka yang belum lulus Diploma/Sarjana, dapat menjadi peserta program S1 PGSD dan PGPAUD Prajabatan melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dengan transfer sistem kredit semester (sks).

Yuli menambahkan, selain kedua Prodi tersebut,  terdapat juga prodi lain seperti Pendidikan Agama Islam yang tidak mensyaratkan SK Mengajar.

Sekedar informasi, lanjut Yuli, saat ini UT Ambon membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2024/2025 Ganjil hingga tanggal 7 Agustus 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA Sederajat termasuk berijazah Paket C). Sementara jalur RPL pendaftaran hingga 10 Juli 2024. Terdapat puluhan Program Studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

BACA JUGA :  Ini Penjelasan Lion Group Soal Batik Air Hentikan Penerbangan Ke Ambon

Info pendaftaran bagi calon mahasiswa bisa dilihat di laman ambon.ut.ac.id ataupun melalui nomor layanan 081240791988. Pendaftaran secara online bisa melalui laman admisi-sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon, ataupun melalui Pengurus Kelompok Belajar dan Sentra Layanan UT yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku. (***)

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.