Tingkatkan SDM, Pemprov Maluku Dukung Pembentukan Prodi Kedokteran Gigi Unpatti

oleh
oleh
Gedung Rektorat Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon. FOTO : HUMAS UNPATTI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku mendukung pembentukan Program Studi (Prodi) Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

“Pemerintah Provinsi Maluku berkomitmen untuk mendukung upaya peningkatan SDM bidang kesehatan di Provinsi Maluku, termasuk pembukaan Program Studi Pendidikan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura,” kata Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie dalam keterangan yang diterima di Ambon, Jumat (17/5/2024).

Hal itu dikatakannya usai kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan lulusan kedokteran Unpatti di Kota Ambon.

Menurutnya, Maluku dengan letak geografis kepulauan mengakibatkan konektivitas pelayanan kesehatan agak sulit sehingga perlu adanya ketersediaan beragam dokter pada pusat-pusat pelayanan kesehatan dipulau-pulau.

Untuk itu, dalam waktu dekat pemerintah provinsi akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Rektor dan Dekan FK Unpatti untuk proses pembentukan prodi kedokteran gigi itu.

“Pemerintah akan menyurati kementerian sebagai bentuk dukungan pembukaan program studi kedokteran gigi tentunya pemerintah bersama Unpatti akan memperjuangkan dan berupaya semaksimal mungkin agar pembukaan prodi kedokteran gigi Fakultas Kedokteran Unpatti dapat terealisasi,” tuturnya.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof Pieter Kakisina mengatakan, dalam upaya pengembangan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura dan menyiapkan kualitas SDM dalam bidang kesehatan, maka FK Unpatti telah bekerja selama empat tahun untuk mengupayakan pembukaan program studi kedokteran gigi.

“Kurangnya tenaga dokter gigi pada pusat kesehatan masyarakat yang ada di Provinsi Maluku menjadi perhatian tersendiri, Maluku membutuhkan dokter gigi yang nantinya dapat disebarkan pada pulau-pulau yang ada di Maluku,” kata dia.

Untuk pendirian prodi kedokteran gigi sendiri diperlukan beberapa prasyarat dan dokumen pendukung, dan FK Unpatti sudah berupaya untuk memenuhi semua ketentuan yang ada. Pihaknya berharap prodi kedokteran gigi dapat terealisasi karena akan sangat memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat di kawasan timur Indonesia.

BACA JUGA :  DPRD Maluku Bahas 15 Ranperda Usai Pengawasan, Yang Inisiatif Dewan Hanya Empat

Pewarta : Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor : Sambas

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.