Anggota Denkav Ambon Juarai Bupolo Aquathlon

by
Bupati Buru Ramly Umasugi (tengah) bersama pemenang lomba Bupolo Aquathlon di Pantai Wisata Jikumarasa, Sabtu (14/10). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA– Prada La Samsul, anggota Dentasemen Kaveleri (Denkav) 5/BLC Ambon,  Kodam 16 Pattimura menjuarai Lomba  Bupolo Aquathlon 2017 yang digelar di Pantai Wisata Jikumarasa Kecamatan Liliali Kabupaten Buru, Sabtu (14/10).

Samsul mencapai garis finish di depan  Pantai Jikumarasa,  dengan waktu 33,13 menit mengalahkan ratusan peserta Bupolo Aquathlon katagori TNI/Polri putra. Di posisi kedua, ditempati anggota Marinir  Ambon, Prada Narto dengan waktu 34,05 menit. Sedangkan rekan sesama satuannya dari Marinir Ambon, Prada Dicki Paulus menempati posisi  ketiga dengan waktu  36,18.

Untuk  katagori TNI/Polri putri, juara pertama diraih Serda Risma, anggota Lantamal IX Ambon, yang masuk finish dengan waktu 47,07 menit. Di posisi kedua, Bripda Putri Kamali, anggota Polres Pulau Buru, dengan waktu 48, 51 menit. Sementara di urutan ketiga diraih Bripda Saifa Belen, anggota Polres Pulau Buru, yang masuk finish dengan waktu 51,01 menit.

Di katagori umum laki-laki, juara pertama diraih Luis Sarkin, pelari  dari Kota Ambon yang masuk finish dengan waktu 37,30 menit. Di urutan kedua ada pelari dari Saparua, Nike Parinusa yang masuk finis dengan waktu  38,16 menit. Posisi ketiga diraih pelari dari Batuboy, Apriyanto dengan waktu 42,18 menit.

Bupolo  Aquathlon 2017 digelar dalam rangkaian Gebyar atau Festival Pesona Bupolo 2 dan memeriahkan HUT Kabupaten Buru ke 18. Perlombaan dilepas Bupati Buru Ramly Umasugi dari Pantai Wisata Jikumarasa.Sedangkan hadiah lomba diserahkan Wakil Bupati Buru Amustafa Besan di pantai wisata itu.

Aquathlon adalah olah raga  yang menggabungkan dua jenis aktivitas yakni,  renang dan berlari. Dalam Bupolo Aquathlon ini, peserta lomba harus berenang sejauh 500 meter di kawasan Pantai Wisata Jikumarasa. Setelah itu   berlari sejauh 5 kilometer (KM) dan finishnya di Pantai Wisata Jikumarasa.  Peserta memperebutkan total hadiah uang tunai sebesar Rp 30 juta rupiah.

Pada kelas eksekutif, lomba  Aquathlon juga diikuti Bupati Buru, Komandan Kodim Namlea Lekol Kav. Sindhu Hanggara, Wakapolres Buru Kompol Irvan Reza dan sejumlah pejabat lainnya. Peserta kelompok eksekutif ini dilepas Ketua DPRD Buru Ikhsan Tinggapi.

Sama dengan peserta umum lainnya,  peserta eksekutif ini  berenang sejauh 500 meter dan lari 5 KM. Saat melepas Bupolo Aquathlon, Bupati menyatakan kegiatan ini digelar untuk promosi  wisata di daerahnya itu.

Bupati mengungkapkan tidak menyangka Bupolo Aquathlon yang baru pertama kali digelar di Pulau Buru ini mendapat respon begitu besar dengan jumlah peserta yang banyak. Padahal lanjut Bupati persiapan lomba ini sangat singkat setelah mendapat saran dan masukan dari Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo agar digelar lomba ini  untuk promosi dan menarik kunjungan wisatwan ke Buru.

“Saat bertemu Pangdam, beliau  menyampaikan ke saya, salah satu cara untuk promosi dan menarik wistawan ke Buru itu  dengan menggelar lomba Aquathlon, karena itu saya langsung berkoodinasi dengan Dandim Namlea dan Kapolres Buru. Dan akhirnya kegiatan ini berjalan dengan peserta yang banyak,” kata Bupati.

Menurut Bupati, lomba  Aquathlon akan menjadi agenda tahunan Pemkab Buru untuk promosi wistawa.”Tahun depan kita buat lagi Aquathlon dan terus menjadi agenda tahunan dengan harapan jumlah peserta makin banyak lagi dari luar Maluku,”kata Bupati. (ADI)