Anggota DPRD Ambon Tantang Pejabat Publik Tes Swab Usai Perjalanan

by
Anggota DPRD Kota Ambon, Morist Tamaela. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sekretaris Fraksi NasDem DPRD Kota Ambon, Morist Tamaela menantang seluruh pejabat publik di Kota Ambon melakukan swab tes, setelah perjalanan dari luar daerah. Perjalanan keluar daerah terutama dari zona merah covil-19 menurut Morist bisa membuat klaster baru termasuk di kantor, bila tidak dilakukan swab tes sebagai upaya pencegahan awal.

“Semua orang yang dari luar daerah itu rawan terpapar virus, sehingga harus melakukan tahapan mulai dari rapid tes hingga swab,” kata Morits kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Ambon, Selasa (18/8/2020).

Karena menurutnya, pejabat ataupun yang melakukan perjalanan luar daerah itu sangat rentan sekali terpapar virus covid-19, sehingga secara tidak langsung membawa virus masuk ke Ambon.

Loading...

“Untuk memastikan virus itu, setelah kembali dari luar daerah harus melakukan swab. Saya sangat siap untuk swab, mari kita lakukan untuk menekan penyebaran virus di Ambon ,” kata Morits.

Morits mengatakan seorang pejabat publik harus menyampaikan hal yang edukatif kepada masyarakat. Sehingga sebelum mengkritisi soal penanganan covid-19 oleh pemerintah harus menguji soal covid-19 terlebih dahulu.

Lebih lanjut, kata dia, jika tidak dilakukan swab tes, maka bisa dipastikan ada banyak klaster baru di wilayah perkantoran.

“Minimal harus rapid di pintu masuk bandara, setelah melakukan perjalanan dari luar. Kan hasilnya hanya setengah jam saja. Ketika reaktif harus dipisahkan di tempat karantina,” ujar dia.

Morits berharap Pemerintah Kota Ambon bisa bersinergi dengan Pemerintahan Provinsi Maluku terkait penjagaan di pintu masuk bagi siapapun yang tiba dari luar daerah. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *