Anggota DPRD Maluku : Tambang Emas Di Desa Luran Tidak Untungkan Warga

by
Anos Yeremias. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku, Anos Yeremias menyebut tambang emas di Desa Luran Kecamatan Wetar Utara Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) tidak menguntungkan masyarakat setempat. Menurutnya keberadaan tambang malah menguntungkan orang luar Maluku seperti dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang kebanyakan bekerja di tambang itu.

“Kalau hanya beberapa orang Maluku di tambang itu,  ini tidak adil dan tidak boleh seperti itu,”ungkap Anos Yeremias di Ambon Senin, (2/3/2020). Sebagai representasi rakyat Kabupaten MBD di DPRD Maluku, Anos mengatakan apa yang dilakukan pihak perusahan tambang adalah tindakan yang tidak manusiawi.

Loading...

Anos mengungkapkan, tambang emas tersebut ada di wilayah MBD dan tidak di luar Maluku.  “Tambang itu ada wilayah kita dan tidak ada di wilayah mana-mana. Kita akui tambang ada di wilayah NKRI. Namun dalam rekrutmen tenaga kerja harus mereka lebih memperbanyak akomodir orang-orang lokal, bukan orang luar Maluku,”tegas Anos.

Anggota DPRD Maluku Dapil MBD ini mengakui pihaknya setuju ada orang dari luar Maluku bekerja di perusahan tambang itu. Namun lanjut dia,  jangan hanya menjadikan orang Maluku sebagai pelengkap saja di perusahan tambang itu.

“Orang Maluku hanya jadi pelengkap dalam pengertian ada kekurangan tenaga baru mereka minta. Bukan itu yang kita inginkan, orang Maluku harus mendapat tempat yang strategi. Karena itu kita akan dorong terus untuk pangil pihak perusahan dan dinas terkait agar kita perjungkan nasip orang-orang kita untuk bekerja di perusahan,” kata politisi Golkar ini. (NAIR FUAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *