Anggota DPRD Tual Serahkan Bantuan Dana Aspirasi

by
Bantuan dana aspirasi DPRD Kota Tual diserahkan kepada Kepala SMA Negeri 1 Tual dan perwakilan penerima bantuan lainnya

TERASMALUKU.COM,-TUAL- Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Tual, RM Waremra menyerahkan bantuan paket marching band kepada SMA Negeri 1 Tual, Sabtu (30/12).  Bantuan  yang bersumber dari dana aspirasi tersebut diterima langsung Kepada SMA Negeri 1 Tual Fatah Tukloy. Waremra usai penyerahan bantuan mengungkapkan,   bantuan tersebut didanai oleh APBD Tahun 2017 yang merupakan dana aspirasi dewan.

Waremra  mengatakan, Tahun 2017, Pemerintah dan DPRD Kota Tual mengalokasikan   dana sebesar Rp 500 juta bagi setiap anggota DPRD untuk dana aspirasi. Sehingga masing-masing anggota dewan  menangani aspirasi, dan  dana tersebut dibawa langsung kepada masyarakat tanpa melalui Musrenbang.

Artinya lanjut Waremra,  aspirasi masyarakat itu juga dilakukan oleh Pemda melalui Musrenbang, tetapi dana aspirasi tersebut dikhususkan bagi pandangan dan pikiran DPRD dalam pendekatan kerakyatan. Ada juga  kebutuhan rakyat yang tidak terakomodir di Musrenbang dapat ditangani langsung dengan dana aspirasi dewan.

“Saya melihat kebutuhan kota, terutama di SMA Negeri1 Tual  ini dalam pengembangan kedepan, diperlukan adanya marching band yang menggelorakan partisipasi kota ini, semangat anak muda ini harus kita tindaklanjuti dalam bantuan marching band yang didanai oleh dana aspirasi ini,” tandas Waremra.

Dirinya mengakui, ketika ia mengajukan pemberian bantuan marching band,    ada perdebatan yakni,  SMA  menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi, sehingga dengan demikian tidak pantas untuk diberikan kepada SMA. Namun menurut Waremra, dukungan marching band untuk kepentingan SMA dan anak didiknya sangat diperlukan untuk pengembangan kreativitas  generasi muda serta mendukung program Pemerintah Kota Tual.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tual, Fatah Tukloy menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tual dan anggota DPRD Kota Tual RM Waremra, atas bantuan paket marching band tersebut. Menurut Fatah, dengan bantuan satu paket marching band tersebut, maka pihaknya akan menghidupi kembali kegiatan ekstra kulikuler, marching band di sekolah tersebut.

“Dengan bantuan peralatan  ini, maka kegiatan marching band akan dihidupkan   lagi di SMA Negeri 1 Tual. Manfaat kegiatan ini juga sangat besar karena menunjang kegiatan program pemerintah maupun perayaan hari-hari besar di Kota Tual,” ungkap Fatah.

Selain  bantuan paket  marching band, Waremra juga menyerahkan bantuan kursi dan peralatan lainnya  untuk Protestan Center yang bersumber dari dana aspirasi. Selain itu, Waremra juga menyerahkan  bantuan pakian seragam sekolah untuk siswa yang tidak mampu dan bantuan tujuh buah motor untuk tiga golongan agama di Kota Tual. (AS)