Anggota Komisi III DPRD Kota Ambon Kesal, RPH Tawiri Tak Kunjung Rampung

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Rumah pemotongan hewan (RPH) di Desa Tawiri Kecamatan Teluk Ambon hingga kini belum juga rampung. RPH yang diangun Pemerintah Kota Ambon melalaui CV. Banda Bahari Permai sejak 2016 yang harusnya selesai 2019 tidak bisa difungsikan.

Sesuai jadwal pengerjaan, RPH itu seyogyanya rampung dan sudah bisa berjalan sesuai peruntukan. Anggota DPRD Kota Ambon yang tinjau lokasi pun dibuat kesal dengan hal itu.

Anggota Komisi III DPRD Kota Ambon, Lucky Upulatu Nikyuluw kepada wartawan di Balai Rakyat Ambon, Rabu (30/1/2019) mengaku, telah melakukan pengawasan terhadap RPH tersebut. Namun dari hasil pengawasan belum juga tuntas sampai lewat batas waktu.

“Berbagai fasilitas bahkan APBD dan DAK telah dikucurkan untuk mempercepat pembangunan RPH untuk segera difungsikan,” katanya kesal. Menurut Lucky dinas pertanian menjanjikan pembangunan RPH itu tuntas pada pertengahan 2018 dan penambahan masa kerja dan pengawasan di 50 hari kerja berikutnya. Fakta di lapangan, RPH belum juga rampung. “Kami nilai dinas (dinas pertanian) belum mampu selesaikan RPH Tawiri,” lanjutnya.

Ia mengatakan, harusnya dinas bisa menepati janji pembangunan gedung yang diperuntukkan bagi publik itu. Karena dari hasil tinjauan, ditemukan beberapa sarana dan fasilitas pendukung lainnya belum juga selesai. “Bagaimana mau difungsikan sementara kondisi RPH seperti itu. Kita kecewa dengan kepala dinas pertanian,” ujarnya.

Menurutnya, dinas harus bisa serius menanggapi pembangunan RPH Tawiri dan harus mampu mengawasi CV. Banda Bahari Permai selaku pihak ketiga yang mengerjakan proyek ini. Lucky menyatakan, jika RPH belum dapat difungsikan dalam waktu dekat, maka persoalan ini bakal digiring ke ranah hukum. Sebab sudah mengalami keterlambatan dalam pengerjaannya.

“Harapan kami harus segera diselesaikan sebelum dibawa ke ranah hukum. Dan harus ada keseriusan dari CV. Banda Bahari Permai dan juga dinas terkait,” katanya. (ALFIAN)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *