Anggota Komisi X DPR RI Dukung Walikota Ambon Soal Revitalisasi Benteng Victoria

by
Walikota Ambon bersama perwakilan Kodam 16 Pattimura dan pimpinan DPRD Kota Ambon mendatangi Komisi V DPR RI, Kamis (20/2/2020). FOTO : MCAMBON

JAKARTA-Anggota Komisi X DPR-RI, Rano Karno yang dikenal sebagai sosok pecinta budaya lewat film serial ternamanya “Si Doel Anak Sekolahan”, siap membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam mengatasi masalah revitalisasi Benteng Victoria serta relokasi Markas Kodam XVI/Pattimura.

Menurutnya, dengan ditetapkannya Benteng Victoria sebagai salah satu cagar budaya nasional, maka sebagai budayawan, dirinya sangat mendukung hal itu. Dan sangat tertarik untuk langsung menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara komisi X dengan Pemerintah Kota Ambon dan tim, Kamis (20/2/2020) di ruang sidang komisi X DPR RI, Senayan Jakarta.

Dirinya mengakui, setelah membaca surat masuk dari Pemkot Ambon ke komisi, dirinya sangat antusias untuk mengikuti pertemuan dimaksud. Sebab ingin tahu langsung masalahnya, dan ingin membantu mengatasi masalah tersebut.‘’Saya ingin membantu mencarikan jalan keluar, sebab pasti, hal itu akan terbentur dengan anggaran yang cukup besar,’’ katanya saat RDP tersebut,

Menurutnya, dengan penekanan pada budaya lokal dan sejarah untuk menarik wisatawan datang ke Indonesia, maka seharusnya, pemerintah bisa menjadikan persoalan di Ambon menjadi prioritas.‘’Saya siap mengawal proses ini. Kami kan bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini akan kami jelaskan sembari meminta penjelasan mengenai status cagar budaya Benteng Victoria di Ambon. Kami juga berkeinginan turun langsung melihat lokasi itu,’’ terang Rano Karno.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua (Waka) Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudin yang memimpin RDP itu menyampaikan apresiasi dan rasa salutnya atas perjuangan yang sudah dilakukan Pemkot Ambon dan DPRD serta Kodam XVI/Pattimura. ‘’Ini semua sangat baik dengan mendatangi seluruh pemangku kepentingan. Kekompakan antara pemerintah dan DPRD Kota Ambon adalah modal besar perjuangan ini kedepan,’’ kata Waka.

Atas nama komisi, pihaknya siap mendukung secara serius masalah ini, dan akan sampaikan hal ini ke Mendikbud yang akan melakukan RDP pada hari ini juga. ‘’Kami akan minta ke Pak Menteri dan Dirjen Kebudayaan, agar pengalihan benteng Victoria ke Pemkot Ambon dan alih fungsinya sebagai cagar budaya dapat jadi atensi khusus pihak Kementerian,’’ tegasnya.

Waka menambahkan, Pihak Komisi X juga akan minta perhatian Menteri, karena menurutnya, ada kemungkinan saat penetapan benteng Victoria sebagai cagar budaya, beliau belum menjabat sebagai Mendikbud. Sementara itu, anggota komisi X lainnya, Arifin Djohar juga sampaikan, dirinya melihat, banyak sekali bukti sejarah tentang benteng Victoria yang masih ada di Negeri Belanda.

Olehnya, politisi Gerindra tersebut menyarankan tim kerja dapat meluangkan waktu ke Belanda guna mengambil semua dokumen tentang benteng Victoria yang ada disana, sehingga sejarah penting tentang perjuangan bangsa itu tidak hilang, dan dapat diketahui generasi saat ini. ‘’Kami tegaskan, kami dukung langkah Pemkot dan DPRD Kota Ambon serta Kodam XIV Pattimura. Kami siap memfasilitasi agar anggarannya bisa disiapkan sesuai kebutuhan dari APBN,’’ terangnya.

Saat menyambangi komisi X DPR RI, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy serta Ketua DPRD Ambon, Ely Toisutta dan Wakil Ketua DPRD Ambon, Rustam Latupono didampingi Kolonel Saripudin dari Kodam XVI/Pattimura, Sekkot Ambon, A.G. Latuheru, Kadis PUPR, Enrico Matitaputty, Sekretaris Bapedda Litbang, Febby Maail, Kepala Badan Pengelola Keuangan, Apries Gaspersz serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Yan Suitella. (MCAMBON)