Angkasa Pura I Targetkan 350 Ribu Turis Asing Masuk Ambon di 2025

by

 

AMBON-PT (Persero) Angkasa Pura  I menargetkan  jumlah penumpang turis asing yang masuk Provinsi Maluku lewat Bandara   Internasional Pattimura Ambon di  tahun 2025, berjumlah 350 ribu orang. Sedangkan jumlah penumpang wisatawan domestik  sekitar  10 juta orang.

Direktur Marketing PT. Angkasa Pura I,  Mohammad Asrori menyatakan, untuk meningkatan kunjungan wisatawan  asing serta   mencapai target tersebut, Angkasa Pura  I sebagai pengelola Bandara Pattimura terus melakukan berbagai terobosan dan penataan bandara.  Diantaranya akan menggelar  Fokus Grup Discusi (FGD )  Collaboration Distinatio Developmen (CDD) kerjasama pembangunan destinasi pariwisata dengan berbagai.

Pihak juga mendorong maskapai penerbangan membuka rute penerbangan baru ke wilayah Maluku.  “Dengan program – program ini, kami targetkan hingga 2025, ada 350  ribu turis asing masuk Ambon lewat jalur Bandara Internasional Pattimura, sementara wisatawan domestik sekitar 10 juta orang. Dengan jumlah ini tentu akan memberikan dampak positif secara ekonomi bagi  masyarakat di Maluku,” kata Asrori, dalam keterangan pers  di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (23/6) yang  juga dihadiri  Gubernur Said Assagaff.

Asrori menyatakan   tiap tahun jumlah wisatawan   yang masuk Maluku  lewat  Bandara Pattimura terus meningat.   Di tahun 2014, terdapat 530.519 kunjungan wisatawan domestik, sedangkan wisatawan asing berjumlah 7.000 orang. Dan pada 2015, jumlah kunjungan meningkat yakni, wisatawan domestik 605.747 orang, sedangkan wisatawan asing berjumlah 7.293 orang.

Asrori menyatakan, FGD  CDD    yang dihadiri berbagai pihak seperti  dunia penerbangan, pelaku pariwisata, perhotelan, pemandu wisata,  Pemerintah Provinsi Maluku dan Kementrian Pariwisata itu  akan digelar pada Rabu  27  Juli di Kota Ambon.

CDD merupakan  upaya yang dilakukan Angkasa Pura I   untuk mengembangkan potensi pariwisata secara bersama-sama, terintegrasi  dengan pelaku pariwisata lainnya.  Dalam diskusi itu akan dibicarakan potensi pariwitasa di Maluku untuk dikembangkan sehingga menarik kunjungan wisatawan  terutama wisatawan asing.

“Di Maluku potensi spot wisata untuk daiving, snorkling, dan juga berbagai potensi wisata daerah, wisata sejarah, budaya yang dulu sangat terkenal sekali. Berbagai potensi wisata ini yang akan kita bahas dalam diskusi CDD nanti, sehingga diambil langkah-langkah untuk meningkatkan kunjungan  wisata asing di Maluku,” katanya.

loading...

Menurutnya, Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Pattimura berkewajiban mengumpulkan pelaku wisata dan dunia penerbangan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Maluku.

Ashori menyatakan, sejumlah pimpinan maskapai penerbangan dipastikan hadir dalam FDC CDD  tersebut. Diantaranya, Direktur Utama PT.Citilink, group Garuda Indonesia, Arief Wibowo serta Dirut Utama Air Asia.

Kegiatan yang sama sudah dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia,seperti Manado, Solo, Kupang  dan saat ini sudah mendapatkan hasilnya dengan  meningkatnya kunjungan wisatawan asing.

Gubernur  menyatakan, pariwisata bahari Maluku menjadi salah satu potensi kemajuan masa   depan  Provinsi Maluku. Dirinya mengakui potensi wisata  tersebut  belum dikelola secara maksimal, karena memiliki berbagai keterbatasan. Karena itu ia mengapresiasi langkah  yang dilakukan PT. Angkasa Pura  I ini.

Gubernur juga menyatakan,  dalam berbagai pertemuan dengan  Dirut Garuda, ia  berjanji akan membuka penerbangan Jakarta, Bali dan Ambon. “Dirut Garuda janji ke saya, begitu ada pesawat baru, mereka akan prioritaskan buka jalur Jakarta, Bali dan Ambon, karena potensi penerbangan  Bali, Ambon sangat besar,” kata gubernur.

Ia juga berharap, PT. Angkasa Pura I, dapat mendorong Garuda  membuka penerbangan dari Darwin, Australia ke Saumlaki, Maluku Tenggara Barat  dengan menggunakan pesawat jenis ATR.  Karena potensi  penerbangan dari wilayah negara  itu ke Saumlaki sangat tinggi, apalagi waktunya  hanya sekitar  45 menit saja.

Penerbangan tersebut  untuk membuka kunjungan wisatawan asing dari Australia masuk ke Maluku lewat jalur tersebut. Jika itu terjadi, gubernur yakin target kunjungan 350 ribu  wisatawan asing ke Maluku 2025 dari PT. Angkasa Pura  I bisa terwujud.ADI

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *