Angkasa Pura Sebut Mereka Pekerja Tambang yang Transit Ambon

by
Tangkapan layar para pekerja tambang yang transit Ambon yang hända menuju Sorong Papua Barat dan Bobo, Maluku Utara

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Kabar kedatangan ratusan orang dengan menggunakan pesawat dikonfirmasi pihak PT. Angkasa Pura (AP) I Bandara Pattimura Ambon. Mereka merupakan penumpang pesawat sewa yang transit dengan tujuan Kota Sorong, Papua Barat dan Bobo, Tidore, Maluku Utara.

Mereka-mereka ini adalah para pekerja tambang di dua kota tersebut. Seperti yang telah diberitakan media daring sebelumnya kedatangan mereka cukup membuat kaget terlebih dari video yang beredar itu membikin sebagian warga Ambon kesal.

BACA JUGA : Karyawan Migas Bintuni Jalani Karantina di Ambon, Kok Bisa

Pasalnya sudah ada kebijakan langsung dari Kementerian Perhubungan untuk menutup pintu masuk jalur udara demi mencegah perpindahan virus dari luar ke dalam Maluku.

Kabar tersebut langsung diklarifikasi dari pihak AP. “Itu penerbangan carter untuk pekerja tambang, sudah mendapat persetujuan dari Kementrian Perhubungan,” jelas Shared Services and CSR Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Pattimura Ambon, Adiya Wibisono Suwardie kepada Terasmaluku.com, Jumat sore (8/5/2020).

Loading...

Informasi yang masuk ke pihak AP yakni sudah ada perusahaan tambang yang mendapat izin langsung dari kementerian untuk carter pesawat. Yakni dari BP Migas dan PT. Maxima. Para pekerja itu menggunakan penerbangan khusus ke Bandara Pattimura Ambon.

“Penerbangan itu khusus pegawai mereka saja, dan wajib melalui protokol kesehatan covid 19 seperti karantina 14 hari dan sebagainya. Mereka berasal dari Jakarta dan Makassar,” lanjut Adit menerangkan.

Jika mengacu pada Permenhub Republik Indonesia Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) ada lima pengecualian.

BACA JUGA:  Penerbangan Komersial Stop Sebulan Hanya Ada 5 Pengecualian Ini 

Pada point kelima tertuang ‘Operasional lainnya dengan seijin dari Menteri dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19’. Namun itupun dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19.

Dari rekaman video yang diterima terlihat satu persatu penumpang transit itu masuk ke dalam bus damri dengan penjagaan ketat. Baik petugas dari AP, pihak kepolisian, TNI juga satuan polisi pamong praja. Mereka berjaga dari pintu gerbang kedatangan hingga masuk ke bus. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *