Angkatan Muda GPM Kota Ternate Bagikan Masker Bagi Jamaah Shalat Id

by
Puluhan Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku, Ternate, membersihkan tumpukkan koran usai umat Muslim melaksanakan shalat Ied di lapangan Gelora Kieraha Ternate, Kamis (13/5) (Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM, TERNATE,- Puluhan anggota Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AM GPM) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) bersama petugas keamanan menjaga keamanan dan  membagikan masker kepada jamaah saat shalat Ik di Gelora Kieraha Ternate, Kamis.

“Kami sangat senang mendapat kepercayaan dari saudara-saudara muslim untuk ikut terlibat menyalurkan masker dan membantu membersihkan sisa-sisa koran yang digunakan usai pelaksanaan shalat Ied di Gelora Kieraha,” kata Ketua Daerah AM GPM Ternate, Keagan Lopulalan di Ternate, Kamis.

Menurut dia, anggotanya sebanyak 20 orang telah melakukan persiapan selama tiga hari untuk mendukung pelaksanaan Shalat Id, baik penyaluraan bantuan dengan cara menyediakan masker dan membersihkan koran bekas yang digunakan usai Shalat Id.

Di mana dari empat pintu masuk itu, pihaknya telah menyiagakan anggota untuk membantu selama pelaksanaan Shalat Id.

“Olehnya itu, dengan kepercayaan yang diberikan ini, kami tentunya berterima kasih kepada saudara-saudara Muslim yang telah memberikan kesempatan  hadir di tengah pelaksanaan Shalat Id dan bentuk solidaritas pemuda gereja dalam membangun semangat keberagaman dan kebersamaan guna menciptakan suasana yang aman, tertib dan damai,” ujar Keagan.

Sedangkan, Kabag Kesra Pemkot Ternate, Mujais Walanda memberi apresiasinya kepada AM GPM Ternate yang bersama-sama menjaga keamanan dan membantu membersihkan tumpukkan koran usai umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri di Gelora Kieraha Ternate.

“Atas rasa solidaritas yang dibangun saudara-saudarah dari AM GPM ini, maka Wali Kota Ternate Tauhid Soleman dan Sekkot Ternate Jusuf Sunya mengundang khusus pengurus Am GPM untuk bersama-sama merayakan Idul Fitri di kediaman kedua pejabat tersebut,” katanya.

Sehari sebelumnya, jajaran Polda Malut dan Polres Ternate bersama-sama dengan TNI, Satpol PP, BPBD, PMI dan elemen lainnya melakukan penyemprotan disinfektan di masjid-masjid, lokasi pelaksanaan Sholat Id dan fasilitas publik menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan ini dilakukan untuk memastikan lokasi yang akan digunakan Sholat Id, baik itu Masjid maupun lapangan serta fasilitas publik lainnya yang sering digunakan masyarakat untuk beraktivitas bersih dan aman dari virus COVID-19.

“Kami melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa Masjid di Kota Ternate seperti Masjid Al-Munawar, Masjid Sultan, Masjid Muttaqin, Masjid Al-Muhajirin, Masjid Takoma, Masjid At-Taubah Mangga Dua, Masjid Toboko, Masjid Bastiong Kota Ternate,” ujarnya.