Angkot Batumerah dan Skip Yang Tak Layak Bakal Ditertibkan

by
Larangan merokok di dalam angkutan umum segera diterbitkan Dinkes Kota sebagi bagian dari kampanye hidup sehat bersama dishub juga pemerintah kota. FOTO: ILUSTRASI

TERASMALUKU.COM-AMBON-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon bakal melakukan penertiban kepada sejumlah angkutan kota (Angkot) yang beroperasi di seputaran Kota Ambon. Angkot-angkot tersebut dinilai sudah tidak layak namun masih saja digunakan untuk beroperasi.

Padahal, mobil yang sudah tidak layak dan nyaman untuk ditumpangi. Kendaraan yang tampak uzur itu juga amat membahayakan penumpang. Seperti angkot trayek Batumerah dan Skip. Beberapa angkot lain pun ada yang kedapatan tidak layak dan masih beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette mengatakan, pihaknya sudah sering merazia. Namun para sopir berhasil lolos dengan tidak beroperasi pada waktu razia. Modus itu dipakai untuk mengelabuhi petugas. Padahal sesuai ketentuan, angkot-angkot tersebut sudah tidak lulus uji KIR.

“Kita akan lakukan langkah tegas dengan sweeping di tempat kepada kendaraan tersebut. Jadi saat sedang jam operasi kita turun langsung,” tegas Robby kepada Terasmaluku.com, di Ambon, Selasa (22/1/2019). Dia mengaku, kendaraan yang tidak layak itu paling banyak pada trayek Batumerah dan Skip. Parahnya lagi menurut Robby para pemilik tidak pernah lakukan uji kelayakan mobil berkala.

“Mobil itu tidak pernah ikuti uji kendaraan, kalau ikut pasti ketahuan masih layak atau tidak,” katanya. Ia mengatakan, sweeping nantinya akan dibantu oleh tim gabungan dari TNI dan Polri. “Ini agar kendaraan tersebut bisa disita dan tidak beroperasi lagi,” ungkap Robby. (ALFIAN)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *