Aparat Kodim Namlea Tularkan Pengetahuan Bios 44 Kepada Para Babinsa

by
Aparat Kodim Namlea menyalurkan pengetahuan Bios 44 Kepada Para Babinsa yang berlangsung di Kodim, Rabu (28/2).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Aparat Komando Distrik Militer (Kodim) 1506/Namlea mensosialisasikan pembuatan Bios 44 kepada para Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Makodim, Rabu (28/2). Sebelumnya sosialisasi pembuatan Bios 44 dilakukan tim Garuda Dempo Team Research (Gator) dari Komando Resor Militer (Korem) 044/Gapo kepada aparat Kodim Namlea.

Awalnya Bios 44 merupakan jenis perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan dan berfungsi untuk meredam kebakaran di lahan gambut. Seiring dengan penelitian yang dilakukan oleh tim Gator maka hal tersebut dapat berkembang menjadi cairan yang dapat meningkatkan kesuburan tanah.

Pengetahuan tentang pengolahan Bios 44 yang telah diterima anggota Kodim Namlea dan beberapa anggota Babinsa tersebut dipraktekan dan diperdalam yang nantinya akan disosialisasikan kembali kepada masyarakat di Desa Binaan guna meningkatkan taraf hidup melalui pertanian. Para Babinsa yang mendapatkan sosialisasi tersebut merupakan Babinsa di luar Pulau Buru yang beberapa waktu lalu tidak sempat untuk mengikuti pelatihan dari tim Gator.

Sebelum Bios 44 diaplikasikan kepada lahan pertanian masyarakat, anggota Kodim dan Koramil terlebih dulu mengaplikasikannya di lahan pertanian yang ada di satuannya masing-masing. Menurut Komandan Kodim (Dandim) 1506/Namlea, Letkol Kav Sindhu Hanggara, sosialisasi tersebut harus diteruskan sampai ke Babinsa yang ada di luar Pulau Buru.

“Saat ada sosialisasi tersebut memang para Babinsa tidak sempat didatangkan, tapi bukan berarti mereka tidak akan mendapatkan ilmu ini, karena ilmu ini sangat penting untuk menjadikan lahan pertanian subur sehingga diharapkan para Babinsa di desa-desa terpencil dalam melaksanakan pendampingan pertanian dapat mengaplikasikannya langsung dan mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Dandim. (IAN)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *