Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan, Ini Pesan Kapolri

by

TERASMALUKU.COM AMBON, – Polda Maluku menggelar apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan sebagai tracer dan vaksinator Covid-19.

Apel dipimpin langsung Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Refdi Andri, yang berlangsung di Lapangan Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Kamis (11/2/2021).

Loading…

Apel kesiapan Penanganan Covid-19 tersebut ditandai dengan penyematan tanda tracer dan vaksinator Covid-19 oleh Kapolda Maluku kepada perwakilan Bhabinkamtibmas dan Vaksinator.

“Kurang lebih hampir 1 tahun sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh Bapak Presiden RI, hingga saat ini kondisi penambahan kasus aktif masih terus meningkat secara fluktuatif,” kata Kapolda saat membaca amanah Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo.

Dia mengatakan, berbagai sektor kehidupan masyarakat tidak luput dari dampak pandemi. Berbagai upaya pemerintah ekstra ordinary terus dilakukan secara terpadu dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan mewujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dari data 10 Februari 2021, secara global sebanyak 220 negara telah terpapar pandemi Covid-19, sebanyak 107.460.128 orang terkonfirmasi positif dan 2.352.837 orang meninggal dunia.

“Sedangkan di Indonesia sebanyak 1.183.555 orang terkonfirmasi positif dan 32.167 orang meninggal dunia akibat Covid-19,” katanya.
Menurut Kapolda, pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2020 mengalami kontraksi yang cukup dalam, yakni sempat turun -5,3 persen pada kuartal kedua, membaik menjadi -3,49 persen di kuartal ketiga, dan terus membaik menjadi -2,19 persen di kuartal keempat. Kapolri menyebutkan, Presiden telah menekankan, untuk mengatasi pandemi Covid19 dengan segala dampaknya, seluruh komponen Bangsa harus bahu membahu menerapkan disiplin ketat menjalankan protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun.

Dia berharap optimisme masyarakat harus terus dijaga dengan keseriusan dan upaya pemerintah melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19.

“Saat ini kita harus bisa menyukseskan program vaksinasi nasional dengan diiringi konsistensi penegakan disiplin terhadap protokol kesehatan secara humanis dan tegas, tentunya dengan tetap selaras upaya mewujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional,” katanya. (ALFIAN SANUSI)