Arrum Haji Solusi Cepat Menuju Tanah Suci

by
Foto : Dokumentasi Humas Pegadaian

Memasuki musim Ibadah Haji 2019 , calon jamaah haji di Indonesia sudah mulai diberangkatkan berdasarkan kloter (kelompok terbang) menuju Arab Saudi.

Di Maluku , sebanyak 1.080 calon jamaah haji yang dibagi menjadi tiga kloter sudah siap diberangkatkan ke tanah suci , secara bertahap mulai tanggal 13/7/2019. Demikian informasi yang dilansir dari situs maluku.kemenag.co.id.

Tak bisa dipungkiri bahwa kegiatan ibadah haji merupakan kebutuhan yang cukup penting bagi umat muslim di Indonesia , namun seringkali sulit dipenuhi akibat terkendala oleh waktu yang panjang untuk mengumpulkan dana demi mendapatkan nomer porsi di Kementerian Agama RI.

Namun sekarang sudah ada alternative solusi bagi calon jamaah haji untuk bisa mendapatkan nomer porsi haji secara cepat , yaitu menggunakan produk Arrum Haji milik PT. Pegadaian (Persero).

Keunggulan produk Arrum Haji bagi calon jamaah haji adalah mendapatkan porsi haji secara langsung , dengan biaya pemeliharaan marhun terjangkau, kemudian proses pengajuan pembiayaan yang mudah, aman dan diawasi oleh OJK serta sesuai Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 92/DSN-MUI/IV/2014.

Jaminan yang perlu calon haji berikan pada Pegadaian hanya berupa  Emas Batangan (LM) seberat 3,5 gram atau emas perhiasan berkadar minimal 70% senilai 7 gram,  melengkapi persyaratan administrasi berupa foto kopi KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah dan Akte Kelahiran , serta Surat Keterangan Domisili.

Untuk identitas KTP dan Akte Kelahiran harus dengan nama yang sama, agar lancar dalam pembuatan paspor

Dari jaminan emas yang diberikan kepada Pegadaian maka calon haji memperoleh pinjaman uang sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) untuk mendaftar dan mendapatkan nomer porsi haji di Kementerian Agama RI. Nomer tersebut sangat penting untuk dimiliki oleh calon jamaah haji karena menjadi daftar tunggu untuk keberangkatan ke tanah suci.

Pengembalian uang pinjaman yang akan dilakukan secara mencicil oleh calon haji kepada Pegadaian bisa dipilih dalam beberapa termin , mulai dari 1 hingga 5 tahun.

Jika cicilan dilakukan dalam termin 5 tahun , maka simulasi pengembalian pinjaman adalah sebagai berikut : setoran awal diberikan sebesar Rp 1.182.500,- dan cicilan per bulan hingga 60 bulan adalah Rp 669.500,-

Besarnya cicilan adalah flat setiap bulan selama 5 tahun.

Rincian proses pengajuan Produk Arrum Haji dapat di gambarkan sebagai berikut :

  • Calon Haji datang ke Outlet Pegadaian dan menyerahkan persyaratan.
  • Menandatangani akad untuk memperoleh Tabungan Haji.
  • Ke Bank Syariah rekanan Pegadaian untuk memperoleh SABPIH.
  • Ke Kementrian Agama untuk memperoleh nomer porsi / SPPH
  • Menyerahkan SPPH, SABPIH dan Buku Tabungan Haji kepada Pegadaian

Tentang masa tunggu keberangkatan calon haji adalah berbeda pada setiap daerah, karena menyesuaikan dengan jumlah calon jamaah  haji yang terdaftar di Kementerian Agama setempat. Jika pesertanya banyak maka secara otomatis nomer porsi haji akan lebih besar dan antrian jadi lebih panjang untuk berangkat ke tanah suci.

Di Maluku , masa tunggu untuk keberangkatan ibadah haji adalah 10 hingga 11 tahun , masih tergolong cepat jika dibandingkan dengan keberangkatan calon jamaah haji di provinsi Sulawesi Selatan  yang masa tunggunya bisa mencapai 30 tahun.

Bagi masyarakat Maluku yang berkeinginan untuk menunaikan Ibadah Haji dengan skema Arrum Haji dapat segera menghubungi Agen Pegadaian atau datang langsung ke outlet Pegadaian terdekat di wilayah Maluku. Approved by Asih Subekti. (Gabby Sembiring)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *