Asah Kemampuan, Tim EML Lantamal Ambon Gelar Renang di Teluk Dalam

by

AMBON-Untuk meningkatkan kemampuan sekaligus menguji ketahanan, Personel Kesehatan Lantamal IX Ambon yang tergabung dalam Tim Evakuasi Medis Laut (EML) Lantamal IX, menggelar renang menyusuri sepanjang Pantai Teluk Dalam Ambon pada  Rabu (5/4).

Kepala Rumah Sakit TNI AL (Karumkital) Ambon Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah, saat memimpin latihan renang laut mengatakan, latihan ini merupakan bagian yang terpenting bagi personel kesehatan yang tergabung di Tim EML Lantamal Ambon untuk melaksanakan evakuasi medis di laut.

“Renang laut merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap personel Tim Evakuasi Medis Laut, terkait dengan kemampuan penyelamatan terhadap korban kecelakaan penyelaman dan kecelakaan laut,” katanya.
Ia menyatakan, kegiatan ini juga bagian dari lima katagori pelatihan evakuasi medis laut yakni katagori teori berenang, katagori kemampuan tindakan kedaruratan medis, melaksanakan tindakan kedaruratan medis di laut, mengenal potensi bahaya – bahaya yang bisa menimbulkan kecelakaan di laut dan melaksanakan penanganan pada penyakit penyelaman dengan menggunakan Chamber Hiperbarik.  “Kita lakukan latihan agar para personel dapat menguasai teknik penanganan saat di lautan,” ujarnya.

Menurutnya, latihan ini diikuti oleh 16 personel kesehatan dari Rumkital Ambon dan Dinas Kesehatan Lantamal Ambon  serta didukung oleh Tim SAR dari Satuan Keamanan Laut Lantamal Ambon. “Selain diikuti oleh 16 personil rumah sakit dan dinas kesehatan Lantamal Ambon, tapi latihan ini juga didukung oleh Tim SAR satuan keamanam laut Lantamal Ambon,” katanya. (IAN)