Assagaff : Tidak Ada Bukti Kecurangan Pilgub, Ini Harapannya ke BAILEO

by
Gubernur Maluku Said Assagaff. FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Said Assagaff, petahana Gubernur Maluku menyampaikan selamat kepada pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) yang ditetapkan KPU Maluku sebagai pemenang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku 27 Juni 2018.

Assagaff yang berpasangan dengan calon Wakil Gubernur Maluku Andrea Rentanubun (SANTUN) ini mengakui kemenangan BAILEO dalam Pilgub Maluku. Menjawab wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (11/07/2018), Assagaff mengungkapkan hingga saat ini tim hukum SANTUN belum menginformasikan adanya bukti pelangaran atau kecurangan selama Pilgub Maluku kepadanya.

Jika tidak ada bukti pelanggaran lanjut Ketua DPD Partai Golkar Maluku ini, maka harus menerima hasil Pilgub Maluku secara bijak. “Kita hingga saat ini belum mendapatkan kabar (pelanggaran) dari tim hukum, mungkin saja belum ada bukti, kalau tidak ya kita terima kan, saya kira media juga sudah mengetahuinya,”kata Assagaff.

Assagaff-Andrea juga tidak menggugat hasil Pilgub ke Mahkamah Konstitusi (MK) setelah ditetapkan KPU Maluku, Senin (9/7/2018). Assagaff mengatakan kekalahan SANTUN merupakan hal yang biasa. Baginya dalam setiap pertarungan pasti ada kalah dan ada yang menang. Komitmen siap kalah juga harus dijalankan setiap pasangan calon.

Loading...

Untuk pasangan BAILEO yang menang Pilgub, Assagaff berharap agar tetap menjaga dan meningkatkan kerukunan hidup antarumat beragama sebagai modal utama untuk memulai kehidupan dan pembangunan di Maluku. Apalagi menurut Assagaff, Maluku dikenal sebagai salah satu provinsi laboratorium kerukunan beragama di Indonesia.

“Saya harap agar menjaga stabilitas karena ini mahal, di mana-mana saya kampanye kan, saya bilang Pilkada ini jangan kita mengadudomba satu dengan yang lain, jangan karena Pilkada kita harus jadi hancur, tolong agar hal-hal seperti itu tidak akan terjadi. Apalagi Provinsi Maluku saat ini dikenal sebagai laboratorium kerukunan hidup antarumat beragama terbaik di tanah air, tidak terlepas dari kerja keras semua komponen masyarakat untuk mewujudkannya,” kata Assagaaf.

KPU Maluku pada Senin (9/7/2018) malam menetapkan hasil Pilgub Maluku, pasangan BAILEO memperoleh suara terbanyak, disusul pasangan SANTUN. Sementara pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) menempati posisi ketiga. Pasca penetapan KPU Maluku, pasangan HEBAT mendaftarkan gugatan ke MK.(UAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *