AT Panen Raya Dan Serahkan Bantuan Alat Pertanian kepada Warga di Maluku Tengah

by
Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Abdullah Tuasikal melakukan panen padi perdana di Desa Samal Kecamatan Seram Utara Kobi Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (28/12/2019). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Abdullah Tuasikal (AT) melakukan panen raya padi bersama ratusan petani di Desa Samal Kecamatan Seram Utara Kobi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) pada Sabtu (29/12/2019).

 

Dalam panen padi perdana  ini, AT didampingi istrinya yang juga anggota DPD RI, Mirati Dewaningsi ini berbaur bersama warga petani memanen padi diatas lahan seluas sekitar 720 hektar. AT bahkan membawa sendiri alat berat pemotong padi di lahan persawahan itu.

Anggota DPR RI Abdullah Tuasikal dan Anggota DPD RI, Mirati Dewaningsi panen padi perdana di Samal.

Sebelum panen raya, AT juga memotong nasi tumpeng sebagai syukuran atas panen raya. AT juga menyerahkan alat-alat pertanian kepada kelompok tani, seperti empat buah mesin kultivator serta delapan mesin alkon dan selangnya untuk pengolahan sawah.

Panen raya dan penyerahan alat-alat pertanian ini merupakan salah satu kegiatan AT dalam masa resesnya. AT juga berdialog dengan masyarakat petani, kelompok tani di Desa Sama dan Kobisonta Kabupaten Malteng untuk menyerap aspirasi mereka.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Abdullah Tuasikal membawa mesin pemotong padi saat panen raya perdana di Desa Samal Kecamatan Seram Utara Kobi Kabupaten Maluku Tengah.

AT yang juga salah satu anggota Badan Anggaran (Banggar) di DPR RI ini mengatakan kunjungan ini meruapakan kegiatannya dalam masa reses untuk menyerap aspirasi masyarakat di wilayah Maluku.“Saya memanfaatkan masa reses untuk menemui warga, menyerap aspirasi masyarakat, apa yang mereka butuhkan kemudian saya bawa aspirasi ke fraksi dan komisi untuk diperjuangan lewat kementerian terkait mitra kita,” kata AT.

AT mengatakan sebagai anggota Komisi IV DPR RI, ia membidangi masalah pertanian, hultikultura, perikanan, lingkungan hidup, serta Bulog. Karena itu fokus perjuangannya untuk membawa kepentingan masyarakat Maluku pada bidang-bidang tersebut.

Dalam dialog dengan masyarakat petani baik di Samal, Kecamatan Seram Utara Timor maupun di Kecamatan Kobisonto, AT mendapatkan berbagai masukan dan keluhan dari petani, seperti masalah iringasi, benih, pupuk, saluran irigasi tersier, perluasan daerah tanam, serta upaya mengatasi hama. AT berjanji akan memperjuangan hingga tuntas berbagai aspirasi masyarakat petani tersebut.

Abdullah Tuasikal menyerahkan alat pertanian kepada petani di Desa Samal.

“Banyak-banyak sekali masalah-masalah dan harapan disampaikan petani, dan ini menjadi aspirasi yang akan kami bawa ke pusat untuk dibicarakan dengan kementerian terkait agar dapat diperhatikan masalah-masalah tersebut, sehingga akhir dari semua ini hasil-hasil pertanian di wilayah Maluku terutama Maluku Tengah menjadi meningkat dan petani sejahtera,” ungkap AT.

Selain Malteng, AT juga akan melakukan kunjungan dalam masa resesnya di Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten di Pulau Buru. Daerah-daerah tersebut akan menjadi perhatian serius AT dalam menyerap aspirasinya sebagai anggota Komisi IV karena sebagai daerah hasil pertanian di Maluku. (ADI)