Atlit Triathlon Indonesia, Juarai Pattimura Aquathlon di Saparua

by
Andi Wibowo mendapat hadiah juara pertama kategori long profesional dalam ivent Patimura Aquathlon di Saparua 2017 Sabtu (15/7). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Atlit Triathlon Indonesia Andi Wibowo (38) meraih juara pertama kategori long profesional dalam ivent Patimura Aquathlon di Saparua  2017 yang berlangsung di Kecamatan  Saparua Kabupaten Maluku Tengah, Maluku pada  Sabtu (15/7).   Sedangkan untuk juara kedua dan ketiga  katagori ini diraih  M.Taufik dan Adi Jukardi.

Aquathlon adalah olah raga yang menggabungkan dua jenis aktivitas yakni, berenang dan berlari.  Lomba Patimura Aquathlon ini dimulai dengan berenang sejauh 1,5 kilo meter untuk jarak jauh dan 750 meter untuk jarak dekat. Setelah itu para peserta harus berlari 15 kilo meter untuk jarak jauh dan 7,5 kilo untuk jarak dekat. Andi Wibowo dapat menyelesaikan renang dan lari dalam waktu 1 jam 10 menit.

Andi mengatakan, untuk renang dia harus membutuhkan tenaga ekstra karena ombak di Pantai Saparua yang sangat kuat. “Medan berenangnya sangat susah karena memang kondisi alam yang tidak bersahabat, tapi untuk jalur larinya sangat baik untuk dilewati, saya juga sangat terkesan dengan para penduduk yang keluar rumah untuk kasih semangat buat para pelari,” kata Andi.

Ia mengakui, lintasan laut Saparua merupakan salah satu lintasan laut yang sangat berat untuk dilewati bila dibandingkan dengan lintasan laut yang pernah diikuti saat lomba-lomba Triathlon di Indonesia. “Saparua adalah lomba kedua yang saya ikuti di Maluku, sebelumnya saya ikut di Salahutu yang digelar juga oleh Kodam 16 Patimura,” ujar Andi.

Andi  berharap, lomba seperti ini dapat dijadikan agenda tahunan di Maluku, sehingga dapat melahirkan atlit-atlit muda di Maluku untuk berlaga di ajang nasional maupun Internasional. Setelah event Patimura Aquathlon race ini, Andi akan mengikuti lomba serupa yang berlangsung di Hawaii pada Oktober 2017 mendatang.

Patimura Aquathlon  digelar  untuk  memperingati 200 tahun gugurya Pahlawan Nasional  Patimura dan mempromosikan wisata di Pulau Saparua. Dalam event akan  diikuti  ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Selain peserta dari Indonesia,  terdapat juga  enam orang   peserta negara asing dari Amerika Serikat,  Belanda, Prancis dan New Zeland.  Diantara pesera adalah Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo. Pangdam membaur bersama peserta lainnya. (IAN)