Babinsa dan Pemuda Rohmoni Sita Miras

by
Babinsa dan pemuda Desa Rohmoni Pulau Haruku memusnahkan miras yang disita, Sabtu (2/12). FOTO : DOK. PENREM 151 BINAIYA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Babinsa Komando Rayon Militer (Koramil) Haruku, Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon, Serda M. Sangaji bersama tokoh pemuda beserta pemuda Desa Rohmoni, Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah menyita puluhan botol minuman keras (Miras) berbagai jenis, Sabtu (2/11).

Demi terjaganya keamanan di Desa Rohmoni, para pemuda yang dipimpin langsung tokoh pemuda desa tersebut serta dibantu Babinsa Koramil Haruku menyita miras yang kerap menjadi biang tindak kriminal di desa itu. Dalam siaran pers Penrem 151/Binaiya yang diterima Terasmaluku.com, Minggu (3/12) menyebutkan,  Miras tersebut disita dari masyarakat Rohmoni yang berupaya menyimpan minuman terlarang.

Kegiatan penyitaan Miras ini digalakkan karena adanya keluhan masyarakat Desa Rohmoni tentang banyak beredarnya miras di desa itu. “Masyarakat meminta bantuan kepada Babinsa untuk ikut menertibkan dan menyita sekaligus memusnahkan minuman haram tersebut,”kata Babinsa dalam siaran pers Penrem Korem 151/Binaiya.

Warga merasa sangat resah dengan banyaknya beredar miras di Desa ini, mereka takut jika hal tersebut dibiarkan akan menjadi masalah besar. “Biasanya bisa terjadi perkelahian antar pemuda itu ya gara-gara minuman ini, kita tidak mau terjadi hal seperti itu lagi,”ujar Babinsa Serda Sangaji. Setelah melaksanakan penyitaan miras di desa, Babinsa dan para pemuda yang disaksikan oleh warga Desa Rohmoni bersama-sama memusnahkan minuman tersebut.

“Kami warga Rohmoni sangat menentang sekali adanya minuman keras dalam bentuk apapun, karena minuman tersebut merusak para pemuda Desa kami, Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Babinsa yang mau membantu kami untuk menyita dan memusnahkan minuman ini, “tegas tokoh pemuda Rohmoni di hadapan warga yang menyaksikan pemusnahan miras tersebut.

“Saya berharap tindakan ini ditiru oleh Desa-Desa lain yang berada di Pulau Haruku ini, saya dan Bhabinkamtibmas akan mendukung dan membantu sepenuhnya jika diperlukan, saya yakin jika kita memang berniat untuk menghentikan kebiasaan buruk, pasti bisa,” kata Babinsa. (IAN)