Babinsa Dan Warga Bangun Rumah Adat Dusun Rahua

by

Babinsa Kodim 1502/Masohi, Serda Nurdin bersama masyarakat dari Lima Marga di Kampung Dusun Ruhua Desa Sepa Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah melaksanakan pembangunan Rumah Adat Dari Marga Leipari, Senin (13/5/2019).

Serda Nurdin bersama masyarakat dari Lima Marga Kampung Dusun Ruhua yang berjumlah sekitar 65 orang bergotong royong membangun Rumah Adat. Rumah yang dibangun dengan cara gotong royong tersebut adalah merupakan salah satu rumah adat masyarakat Dusun Ruhua.

Rumah adat bentuknya berupa rumah panggung dengan menggunakan bahan kayu dan beratapkan Daun Sagu. Bentuk rumah tersebut merupakan ciri khas rumah masyarakat Dusun Ruhua yang secara turun temurun tetap terpelihara bentuknya.

Menurut Serda Nurdin keberadaan Rumah adat ini menjadi bukti nyata adanya komitmen kuat dari masyarakat untuk mempertahankan dan menunjukkan jati dirinya sebagai masyarakat yang beradab, karena keberadaan Rumah adat adalah merupakan simbol peradaban dan simbol kehidupan masyarakat dari masa ke masa.

loading...

Keberadaan Rumah adat ini juga sebagai simbol persatuan dan kesatuan yang mengikat masyarakat adat di wilayah ini untuk selalu hidup rukun dan saling tolong menolong dalam semangat gotong royong.

“Ini adalah wujud kepedulian kami selaku Babinsa yang selalu siap membantu masyarakat dalam setiap kegiatan agar sinergitas TNI-Rakyat selalu terjaga”, pungkas Serda Nurdin.(ADV)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *