Babinsa Giat Lakukan Pembinaan Teritorial Bagi Siswa di Pulau Romang

by
Serda Ruslin, anggota Koramil 1507-05/Wonreli lakukan pembinaan kepada siswa di SDN Hila Pulau Romang Kabupaten MBD, Kamis (23/11). FOTO : DOK. PENREM 151 BINAIYA

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Serda Ruslin giat memberikan pembekalan kepada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Hila di Desa Hila Pulau Romang, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kamis (23/11). Giat ini  dalam rangka memotifasi para siswa sejak dini agar mereka berlaku sopan kepada orang tua maupun guru serta membangkitkan semangat belajar siswa.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) adalah unsur pelaksanaan Komando Rayon Militer (Koramil) yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan.Di era reformasi saat  ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan Binter, sehingga  dalam melaksanakan tugasnya, Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/ Kelurahan seperti, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan dalam tugasnya.

Di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, Babinsa sering disibukkan dengan berbagai macam masalah yang menyangkut sosial ,kemasyarakatan. Di era reformasi sekarang ini disamping kemampuan yang dimiliki para Babinsa masih perlu diberikan tuntutan, pendidikan khusus bidang teritorial, maupun penataran-penataran dan lain sebagainya. Agar mereka dapat melaksanakan tugas kegiatan di wilayah tanggung jawabnya dengan baik.

Hal tersebut yang selama ini dilakukan Serda Ruslin, anggota Koramil 1507-05/Wonreli, Komando Distrik Militer (Kodim) 1507/Saumlaki. Desa binaannya yang harus ditempuh melalui jalur laut selama empat jam dari pulau Kisar tidaklah membuatnya gentar.

“Ini adalah tugas yang diberikan oleh satuan kepada saya, dan saya harus menjalankannya dengan penuh rasa tanggung jawab, ” tutur Ruslin  penuh semangat. Selain Desa Hila, Ruslin pun mempunyai tugas di Dusun Oirleli yang harus ditempuh dengan berjalan kaki selama tiga setengah jam melalui medan yang tidak mudah.(IAN)