Babinsa Kawal Tim Kesehatan Periksa Pangan Kadarluasa di Wilayah Perbatasan

by
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1511-04/Serwaru Serda Hamiadi bersama tim kesehatan melakukan pemeriksaan bahan pangan, Minggu (20/6/2021). Foto : istimewa


TERASMALUKU.COM,-
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1511-04/Serwaru Serda Hamiadi melakukan pemeriksaan barang kebutuhan pokok yang kadarluasa bersama tim kesehatan di Desa Tomra, Kecamatan Pulau Leti Kabupaten Maluku Barat Daya, Minggu (20/6/2021).

Wilayah ini merupakan beranda Indonesia yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia.

Babinsa Serda Hamiadi mendampingi tim kesehatan melakukan pemeriksaan masa kadaluarsa terhadap barang kebutuhan pokok di sejumlah pertokoan dan kios-kios di wilayah binaannya.

Pemeriksaan masa berlaku bahan pangan ini untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat selaku konsumen.

Serda Hamiadi mengatakan, kegiatan ini memang sangat perlu dilakukan, agar masyarakat selaku konsumen dapat terlindungi dan terjaga kesehatannya dari mengkonsumsi barang yang sudah habis masa kadaluarsanya.

“Barang yang sudah melewati masa berlakunya akan kita sita dan nantinya akan dilakukan pemusnahan, dan untuk barang jenis minuman ringan langsung kita tuang ditempat,” ujarnya.

Babinsa bilang di masa pandemi Covid-19 kini, seluruh masyarakat wajib melakukan protokol kesehatan agar terhindar dari wabah virus corona.

Untuk itu, lanjut Babinsa melalui kegiatan ini pihaknya juga berusaha menjamin kelayakan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat.

“Kami harap kepada para pelaku usaha agar tidak melakukan kecurangan terhadap konsumen, dengan sengaja membiarkan barang yang sudah lewat masanya namun tetap diperdagangkan. Dan juga bagi konsumen harus lebih bijak lagi dalam berbelanja di masa pandemi sekarang, dengan lebih teliti memeriksa tanggal masa kadaluarsanya,” katanya. (ALFIAN)