Babinsa Koramil 1504-01/Baguala Bersama Warga Bersihkan Saluran Air

by
Babinsa bersama warga Wayame membersihkan selokan air untuk mencegah banjir, Minggu (23/5/2021). FOTO : PENREM 151/BINAIYA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kota Ambon kini telah masuk musim penghujan. Marga mesti pastikan drainase bersih agar tidak mengalami banjir saat hujan.

Seperti halnya yang dialami warga Desa Wayame Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Minggu (23/5/2021).

Akibat selokan air alami tumpukan sampah membuat Babinsa Koramil 1504-01/Baguala, Kodim 1504/Ambon, Serda Sodikin bersama warga gotong-royong membersihkan parit/saluran air di RT 010/RW 05 Desa Wayame.

“Kegiatan karya bakti ini merupakan bentuk kekompakan antara Babinsa dengan warga binaan sekaligus meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujar serda Sodukin.

Sodikin menyampaikan pembersihan saluran air ini perlu dilakukan, apalagi disaat musim penghujan saat ini.

“Adapun sasaran pembersihan yaitu sampah dan matrial yang menyumbat saluran air, sehingga air hujan tidak tersalurkan dengan baik ke laut yang mengakibatkan banjir,” ungkap Babinsa

Danramil 1504-01/Baguala, Kapten Inf Abdul Wahab Tuahena mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekaligus memupuk jiwa kebersamaan yang telah terjalin agar TNI dan masyarakat yang semakin solid.

“Walaupun saat ini kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19, namun budaya ini tidak boleh hilang. Harus terus kita lestarikan tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.

Wahab mengatakan, sampah sudah harus menjadi kesadaran masyarakat yang berada di Desa Wayame. Mesti memperhatikan warga yang sering membuang sampah sembarangan.

Sebab kata Wahab, dimusim penghujan ini seandainya masyarakat tidak miliki budaya bersih maka sampah yang dibuang sembarangan itu akan dibawah air hujan dan masuk ke drainase.

“Pada akhirnya terjadi penyumbatan dan air di selokan penuh meluap mengenangi lingkungan hingga akhir bisa masuk ke rumah warga,” kata Wahab. (ADV)