Bahan Aktif dan Efektif Cairan Disinfektan yang Mudah Ditemui, Oleh Jessica Alfaris

by

Di tengah pandemi Covid-19, kita selalu dituntut untuk menjaga kesehatan dan kebersihan demi terhindar dari virus dan kuman. Virus dan kuman merupakan salah satu penyebab penularan Covid-19.

Meski virus dan kuman memiliki ukuran kecil dan tak terlihat namun dapat kita temui pada benda apapun yang sering disetuh oleh orang. Oleh karena itu, selain dianjurkan untuk rajin mencuci tangan kita juga perlu melakukan disinfeksi pada permukaan benda-benda.

Loading…

Disinfeksi adalah proses pengurangan jumlah kemungkinan mikroorganisme (seperti virus, kuman, bakteri dan jamur) ke tingkat bahaya yang lebih rendah pada area terkontaminasi oleh mikroorganisme. Sedangkan Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah atau membasmi mikroorganisme.

Untuk membersihkan benda dari paparan virus dan kuman ditengah pandemic ini, kita dapat melakukan disinfeksi menggunakan disinfektan.

Namun, tahukah kamu apa saja bahan aktif dan efektif yang dapat digunakan untuk membuat larutan disinfektan?

Berikut 11 bahan yang dapat digunakan sebagai disinfektan Covid-19 Menurut Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) :

  1. Accelerated hydrogen peroxide 0,5 persen
  2. Benzalkonium chloride/quaternary ammonium/alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride 0,05 persen
  3. Chloroxylenol 0,12 persen
  4. Ethyl alcohol atau ethanol 62-71 persen
  5. Iodine in iodophor 50 ppm
  6. Isopropanol atau 2 propanol 50 persen
  7. Pine oil 0,23 persen
  8. Povidone-iodine 1 persen
  9. Sodium hypochlorite 0,05-0,5 persen
  10. Sodium chlorite 0,23 persen
  11. Sodium dischloroisocyanurate 0,1-0,5 persen

Setelah mengetahui bahan-bahan aktif dan efektif untuk membunuh virus dan kuman, kini kamu dapat membuat cairan bahan-bahan disinfektan. Tanpa kita sadari, bahan-bahan aktif dan efektif di atas sering kita temui di dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

  1. Pemutih

Larutan pemutih mengandung zat aktif hipoklorit. Beberapa merek yang mudah ditemukan di antaranya Bayclin, So Klin Pemutih, Proklin.

  1. Larutan klorin

Kamu juga sering dong denger klorin atau kaporit yang kerap dipakai di kolam renang? Bahan dengan zat aktif hipoklorit ini, juga bisa dijadikan bahan membuat cairan disinfektan.

  1. Karbol atau Lysol

Cairan berbahan karbol atau lysol punya kandungan zat aktif bernama fenol. Beberapa merek yang mengandung zat aktif ini di antaranya: Wipol, Supersol, Bebek karbol, SOS Karbol Wangi.

  1. Pembersih lantai

Produk pembersih dengan kandungan benzalkonium klorida juga bisa kamu jadikan bahan membuat cairan disinfektan. Beberapa merek dengan kandungan ini di antaranya: Super Pell, So Klin Pembersih Lantai, SOS Pembersih Lantai, Harpic, Dettol Floor Cleaner.

  1. Disinfektan diamin

Bahan disinfektan diamin memiliki kandungan zat aktif bernama N-(3-aminopropyl)-N-Dodecylpropane – 1,3- diamine. Beberapa merek yang bisa dipakai yaitu Netbiokem, DSAM, Microbac Forte, TM Suprosan DA, Steridine Multi, Surface.

  1. Disinfektan peroksida

Terakhir yang bisa kamu pakai untuk membuat disinfektan adalah bahan dengan kandungan hidrogen peroksida. Beberapa merek yang tersedia di antaranya : Sanosil, Clorox Hydrogen Peroxide, Avmor EP 50, Sporox II.

Kini kita dapat membuat disinfektan menggunakan bahan-bahan tersebut. Pastikan saat mencampur bahan, kamu menggunakan sarung tangan atau pelindung. Kamu bisa menyimpan bahan campuran tadi di botol dengan semprotan agar mudah menggunakannya. Demikian kajian terkait bahan aktif dan efektif yang dapat digunakan untuk membersihkan virus dan kuman guna mencegah penularan Covid-19.

 

Penulis: Jessica Alfaris, Mahasiswa Jurusan Public Relation, London School of Public Relation Jakarta