Balai Pelestarian Nilai  Budaya Maluku  Gelar Karval Budaya Nusantara

by
Karnaval budaya nusantara yang digelar di lapangan Merdeka Ambon, Kamis (18/5). FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, menggelar Karnaval Budaya Multietnik Nusantara dan Festival Musik Hawaiian yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (18/5). Festival ini dibuka oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Hilmar Farid yang didampingi Sekda Maluku Hamin Bin Thahir dan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku Stevanus Tiwery.

Karnaval Budaya ini diikuti oleh 35 peserta dari komunitas maupun sanggar seni yang ada di Kota Ambon. Dalam kegiatan ini, peserta  memakai pakaian adat dari masing-masing daerah di Indonesia.  Farid  menyatakan, masyarakat Maluku sangat menunjukan kebesaran hati untuk memberikan ruang terhadap daerah lain agar dapat hidup berdampingan.

Loading...

“Saya kira kebesaran hati seperti ini yang harus dicontohkan untuk masyarakat Indonesia, karena Maluku mengajarkan kepada masyarakat tentang cara hidup berdampingan,” kata Farid. Ia berharap, kebersamaan masyarakat Maluku untuk hidup berdampingan ini dapat dicontohkan oleh masyarakat Indonesia.

Farid membuka kegiatan

Farid menambahkan, masyarakat Maluku mempunyai banyak potensi khususnya di bidang musik, hal ini harus dapat tersalurkan untuk bisa mengembangkan potensi masyarakat Maluku. “Saya akan usulkan ke Pemprov Maluku dan Pemkot Ambon untuk membuka sekolah seni di Maluku,” kata Farid.

Pantauan Teras Maluku.com para peserta dengan pakaian adat dari seluruh Indonesia melakukan pawai berjalan mengitari Kota Ambon dengan rute perjalanan dimulai dari Jalan Patimura, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ponegoro, Jalan Ay. Patty, dan finis di Gong Perdamaian Ambon.  Selain itu, mereka juga melakukan berbagai atraksi tarian dan nyanyian dari daerah masing-masing. (IAN).