Balai POM Ambon Kembali Temukan Makanan Kadaluarsa

by
Petugas Balai POM Ambon mengamankan pangan kadaluarsa dalam razia yang digelar di sejumlah minimarket di Ambon pada Rabu (7/6). FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON– Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)  Ambon terus menggelar razia makanan dan minuman   pada   sejumlah toko atau minimarket dan distributor di  Kota Ambon, Rabu (7/6). Pantauan Terasmaluku.com, toko yang dirazia petugas BPOM Ambon diantaranya Toko Elton dan Mandiri  di Jalan Mutiara Ambon serta satu distributor pangan.

Petugas memeriksa   makanan dan minuman yang dijual.  Dalam razia ini  petugas BPOM mendapatkan makanan ringat  yang sudah kadaluarsa,  tidak layak dikonsumsi namun masih dijual di toko. Petugas kemudian   mengamankan sejumlah makanan yang dibungkus dengan plastik.

Selain itu,  petugas juga mendapatkan pangan dalam bentuk kaleng yang sudah tidak bisa digunakan lagi.  Pangan  tersebut langsung dimusnahkan oleh petugas di lokasi temuan dan disaksikan pemilik toko.

“Petugas kita temukan sejumlah makanan ringan dalam bungkusan plastik, makanan kaleng  dan serbuk yang sudah tidak bisa lagi di konsumsi untuk masyarakat. Pangan ini masih dijual karena itu petugas langsung musnahkan di lokasi yang disaksikan pemilik toko,” kata Kepala Balai POM Ambon Sandra Linting dalam keterangan persnya.

Ia mengatakan,  jika nantinya ditemukan makanan dan minuman yang ilegal lagi, maka toko tersebut akan mendapatkan sanksi sesuai aturan yang berlaku.  “Jika terulang lagi kita akan berikan sanksi yakni teguran secara lisan, tertulis, dan pencabutan ijin usaha,” katanya.

Sandra menghimbau kepada seluruh masyarakat yang mau membeli makanan dan minuman  untuk persiapan lebaran agar dapat melihat kondisi makanan dan minuman  tersebut dengan memeriksa secara teliti kondisinya. Karena menurutnya, jelang hari besar keagamaan, pengusaha makanan dan minuman sering nakal dengan menjual  makanan  dan minuman kadaluarsa. (IAN)