Bandara Pattimura Ambon Tambah Empat Alat Ukur Suhu Tubuh

by
Ilustrasi/ Alat ukur suhu tubuh thermal gun kini ada 4 buah di bandara Pattimra, (20/3). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pintu-pintu keluar masuk Bandara Internasional Pattimura Ambon telah diperketat dengan penambahan 4 buah alat thermal gun.

Sebelumnya pihak bandara telah menempatkan satu unit thermo scanner. Alat itu diletakan pada pintu kedatangan. Dilengkapi dengan monitor juga kamera sensor. Fungsinya untuk memindai suhu tubuh para penumpang dari berbagai daerah yang masuk ke Ambon.

Namun dengan bertambahnya kasus sebran virus COVID-19, pihak bandara menambah lagi jumlah alat deteksi sebagai langkah pecegahan awal.

“Kita sudah tambah ya. Selain thermo scanner juga ada alat yang tembak. Kita tambah empat buah,” ungkap General Manager Bandara Pattimura Ambon Amirudin Florensius saat buru-buru meninggalkan ruang rapat lantai VI Gubernur Maluku, Kamis (19/3/2020).

Loading...

 

Amirudin yang berkesan menghindar itu tidak memberikan penjelasan detil. Dia hanya mengaku bahwa pihaknya telah menambah alat sebanyak empat buah di bandara. Nantinya setiap penumpang yang melintas wajib diperiksa.

Alat itu sama dengan yang digunakan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Ambon. penumpang yang kedapatan melintas di situ akan diperiksa suhu tubuhnya. Bila berada di atas 37 derajat maka alat akan berbunyi sebagai penanda.

Terkait lokasi pemeriksaan, Amirudin enggan berbicara banyak mengenai kesiapan pihak bandara. Padahal itu merupakan salah satu pintu masuk besar yang paling rawan terjadi pertukaran dan penyebaran virus.

Dari pantauan terasmaluku.com, di bagian pintu masuk terdapat sebuah counter khusus dimana pihak bandara menempatakn cairan antiseptik. Pengunjung yang hendak masuk dapat menggunakannya sebagai langkah perlindungan diri dari virus COVID-19. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *