Bandara Pattimura Sediahkan Layanan GeNose COVID-19, Biayanya Rp 40 Ribu

by
Petugas Bandara Pattimura Ambon melakukan simulasi penanganan penumpang terduka virus corona, Jumat (6/3/2020). FOTO : DOK. TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Bandara Pattimura Ambon menyediakan layanan tes skrining COVID-19 menggunakan alat GeNose C19 mulai berlaku 24 April 2021.

“Per hari ini tanggal 24 April 2021 bandara Pattimura Ambon membuka layanan tes GeNose C-19 dengan jam operasional dari jam 07.00 WIT – 12.00 WIT, dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp40 ribu,” kata Legal, Compliance & Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I bandara Pattimua Ambon, Aditya Narendra kepada Antara, Sabtu (24/4/2021).

Ia mengatakan, penambahan tes skrining Covid-19 menggunakan GeNose C19 ini merupakan lanjutan dalam mengimplementasi layanan tersebut di bandara.

Dua mesin GeNose dan 60 kantong disiapkan untuk melayani calon penumpang yang akan memanfaatkan layanan tes skrining C-19.

“Kami juga menyiapkan 8-10 petugas per hari untuk melayani calon penumpang di lobi keberangkatan bandara Pattimura,” katanya.

Dijelaskan, layanan GeNose sifatnya sebagai salah satu alternatif pemeriksaan para calon penumpang angkutan udara untuk melakukan tes COVID-19 selain swab antigen dan swab PCR.

“Kami berupaya memberikan layanan tes COVID-19 yang menjadi salah satu syarat melakukan perjalanan dengan angkutan udara,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau calon penumpang yang akan melakukan layanan pemeriksaan GeNose C-19, disarankan untuk mengikuti pemeriksaan selambatnya empat jam sebelum keberangkatan

Calon penumpang wajib menunjukkan tiket pesawat atau kode booking, serta KTP.

“Calon Penumpang tidak diperbolehkan makan, minum dan merokok 30 menit sebelum melakukan pemeriksaan,” kata Aditya.

PT Angkasa Pura I (Persero) menambah layanan tes skrining COVID-19 menggunakan alat GeNose C19 di empat bandara yang dikelola yakni Bandara Sentani Jayapura, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Bandara Pattimura Ambon dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : John Nikita S