Bandara Pattimura Siapkan Posko Hingga Spot Wifi Selama Arus Mudik Lebaran

Bandara Pattimura Siapkan Posko Hingga Spot Wifi Selama Arus Mudik Lebaran

SHARE
Layar monitoring dan pemantauan CCTV disiapkan di ruang Posko Terpadu Bandara Pattimura Ambon dan akan aktif mulai 7 Juni hingga 24 Juni 2018. FOTO : BIR (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Jelang lebaran persiapan pada tiap akses keluar masuk dilakukan. Bandara salah satu pintu masuk via udara yang tak kalah ramai jelang lebaran. Data yang dihimpun dari Bandara Pattimura Ambon menyebutkan, puncak arus mudik diperkirakan baru akan terjadi antara tanggal 8 hingga 10 Juni. Pergerakan pesawat juga diperkirakan meningkat hingga tiga persen dari 2017.

Seragam baru petugas Bandara Pattimura Ambon sebagai cerminan kerja tegas tepat dengan mengutamakan pelayanan maksimal bagi penumpang bandara

Sebelumnya total pergerakan pesawat sebanyak 1.468. Sementara pada lebaran 2018 diperkirakan naik menjadi 1.630. Jumlah tersebut diperoleh melalui smoothing analysis yang dilakukan pihak bandara. General Manager Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon Amiruddin Florensius, menyebut perkiraan lonjakan itu tidak serta merta menimbulkan kepadatan yang berarti bandara.

Pasalnya jumlah penumpang di Bandara Pattimura tidak sebesar empat bandara besar lain yang masuk wilayah Angkasa Pura I. Seperti di Bali, Makassar atau di Surabaya. Meski begitu pihaknya tetap mendirikan Posko terpadu untuk memperlancar arus mudik dan balik lebaran. Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2018 itu bakal aktif Rabu (7/6/2018) hingga 24 Juni 2018.

Posko yang ditempatkan di samping ATM center itu bakal menjadi pusat informasi serta memberi layanan penunjang bagi penumpang. Mantan Airport Operation Department Angkasa Pura Jakarta itu menyebut Posko telah dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung jalannya arus mudik dan balik lebaran. “Kita siapkan semua. Ada juga persiapan fasilitas video conference di Posko,” jelasnya kepada Terasmaluku.com saat ditemui di ruangannya, Rabu (6/6/2018) siang.

Fasilitas video conference tersebut untuk mengupdate perkembangan arus mudik dengan pihak Kementerian Perhubungan dan kantor pusat. Nantinya akan ada update langsung untuk memantau jalannya arus mudik. Dari pantauan Terasmaluku.com, ruangan Posko juga dipasangai empat layar televisi. Satu untuk kebutuhan menonton, satu lain untuk memantau spot-spot di area bandara melalui CCTV serta dua layar sebagai papan informasi kedatangan dan keberangkatan pesawat.

Tomy Subagia, selaku information communication technology section head bandara mengurai pada CCTV dipasang di area yang padat di bandara untuk memudahkan pemantauan petugas. Seperti yang terlihat di layar, terdapat empat area yang kini telah terpasang. Yakni di pintu kedatangan, keberangkatan dan pemeriksaan. “Rencana akan ada penambahan titik lagi, tapi akan disesuaikan lagi biar gambarnya tidak menumpuk di layar,” jelas Tomy di ruang Posko.

Fasilitas lain yang disiapkan yaitu spot wifi bagi pengunjung maupun penumpang. Pihaknya telah bekersama dengan provider untuk memperkuat kapasitas dan jaringan untuk memudahkan akses internet. Terdapat 11 titik hotspot di area bandara. Masing-masing memiliki kapasitas broadband up to 20 mbps. User tinggal memasukan SSID Pattimura Airport dan tinggal menikmati fasilitas koneksi di bandara. (BIR)