Banjir Lemon Cina Di Pasar Mardika Ambon

by
Aludin,menjual lemon cina takaran satu kantong plastik seharga Rp 5.000. Saat hari biasa, satu kantong isi 10 buah bisa mencapai Rp 10.000. FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sejak awal Maret pasar tradisional dibanjiri dengan lemon cina. Harga jual buah yan jadi bahan utama colo-colo ini sampai menyentuh angka Rp 3.000 per- kantong. Seperti yang ada di Pasar Mardika, Jumat siang (29/3/2019). Sejumlah pedagang tampak menumpuk lemon cina di atas nyiru atau nampan. Sebagian lagi ada yang telah membaginya ke dalam kantong-kantong plastik kecil.

Memang di bulan ini warga Kota Ambon dimanjakan dengan harga lemon cina yang murah. Abba, 30, seorang pedagang mengaku membeli lemon dari petani dengan harga murah. Takarnnya, satu kantong plastik merah besar seharaga Rp 35.000. “Katong bali dari petani satu kantong saja Rp 35.000. Jadi jual dengan Rp 5.000 lai su untung,” terangnya siang.

Ini waktu termasuk musim panen buah lemon cina. Mereka membeli langsung dari petani di Gemba Kabupaten Seram Bagian Barat. Gemba merupakan daerah penyuplai lemon cina terbesar dari Maluku. Saat musim panen besar seperti ini harga jualnnya jatuh – lebih murah. Mereka memprediksi kondisi ini belangsung selama tiga hingga empat bulan ke depan.

Pembeli memborong lemon cina untuk dibuatkan colo-colo, makanan has Maluku

Aludin, 47, seorang pedagang lain tampak sedang menjual tiga kantong plastik lemon yang masih tersisa. Sementara keranjang besar untuk mengisi stok lemon kosong. Saat musim macam ini, warga memburu lemon cina atau yang juga dikenal dengan lemon cui. Biasanya untuk konsumsi pribadi dan juga bakal dijual kembali. “Kalau pagi-pagi orang borong beli banyak buat jual lai di dong rumah,” cerita Aludin.

Dia menjual satu kantong berisi 100 buah lemon seharga Rp 5.000 dan Rp 3.000. Lemon yang dia jual juga berasal dari Gemba. Menurutnya selama Maret hingga Juni harga lemon turun drastis sebab masuk masa panen. Selepas itu, harga kembali normal. Untuk menjaga stok, para pedagang mengakalinya dengan membeli dari Sorong, Papua.

Lemon cina merupakan salah satu pelengkap bumbu dapur yang cukup khas dan melimpah di Maluku. Pada beberapa daerah, lemon ini sulit ditemui. Karena itu rasa masakan daerah dari Maluku begitu kuat dan istimewa dengan tambahan perasan lemon cina. Momen harga murah ini juga ada yang dimanfaatkan pengusaha untuk diolah menjadi sirup lemon cina. (PRISKA BIRAHY)