Bank Maluku Bantu Kendaraan Untuk Tangani Sampah di Tual

by
Bank Maluku Bantu Kendaraan Untuk Tangani Sampah di Tual

TERASMALUKU.COM,TUAL-Bank Maluku Cabang Tual Dan Maluku Tenggara (Malra) memberikan  bantuan  tiga unit kendaraan roda tiga jenis Tosa kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Tual. Bantuan  yang diserahkan pada  Jumat (2/6)  ini untuk membantu  penanganan sampah  di Kota Tual  yang selama ini terkendala akibat keterbarasan sarana angkutan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Tual Abdullah Reniurwarin menyampaikan terimakasih atas kepedulian PT. Bank Maluku ini. Bantuan tersebut sangat membantu pihaknya dalam penanganan masalah sampah di Kota Tual. “Tiga  buah kendaraan tosa tersebut sangat bermanfaat, kini kita bisa mengunakannya dalam menjangkau sampah  yang berada di dalam gang kompleks dan lingkungan warga  yang selama ini tidak bisa tertangani,” ujar Reniurwarin

Menjawab wartawan terkait penanganan sampah selama Bulan Ramadhan, Reniurwarin mengatakan ada perubahan pada SOP (Standard Operating Procedure).  Sebelumnya menurut dia, pengangkutan  sampah dilakukan hanya setelah Shalat Tarawih namun  kini juga  dilakukan pada pagi harinya. “Alhamdulilah memang penanganan sampah di Bulan Ramadhan walaupun ada perubahan tapi pelaksanaanya masih berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Hal ini dilakukan karena volume sampah selama Ramadhan mengalami peningkatan. Dimana sebelumnya hanya 13 ton perhari namun kini  saat Ramadhan naik  menjadi 70 ton. Meski armada pengangkut diantaranya lima buah truk, tiga  angkutan yang sudah lama dan butuh peremajaan ditambah  dua  truk disewa dari pihak ketiga  masih terbatas, namun Reniurwarin optimis dapat menuntaskan masalah sampah  terutama pada Ramadhan ini.

“Dan dengan bantuan tiga kendaraan dari Bank Maluku ini penanganan sampah makin lebih baik lagi.  Meski  sarana kita masih terbatas,  tapi kita tidak pantang menyerah dan tetap melaksanakan tugas penanganan sampah dengan efektif,” katanya.

Reniurwarin berharap dukungan dari masyarakat dalam membantu penanganan sampah, karena  penanganan sampah butuh partisipasi masyarakat. Dukungan pratisipasi masyarakat sangat dibutukan untuk  menciptakan Kota Tual yang bersih dari sampah. Ia  menghimbau agar masyarakat bisa membuang sampah pada jam yang telah ditetapkan agar sampah tidak berserakan.

“Masyarakat diharapkan membuang sampah dimulai dari jam  delapan malam sampai jam 4:30 WIT  dini hari, sehingga pada pagi harinya personil kebersihan bisa membawanya dari tempat pembuangan sampah ke tempat pembangunan akhir,” katanya. (AS)