Baru 179 Nakes Divaksinasi, Sebagian Tak Lolos Screening

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat dicek kesehatan sebelum vaksinasi perdana di RSUP DR Johannes Leimena, Jumat (15/1/2021). FOTO : Priska Birahy

TERASMALUKU. COM, AMBON, – Tiga hari setelah vaksinasi perdana di Maluku, sudah ada 179 tenaga kesehatan (Nakes) mendapat vaksin.
Mereka merupakan Nakes di Kota Ambon yang mengikuti vaksinasi di 22 Puskesmas.

Sebelum akhirnya lolos vaksinasi, Dinas Kesehatan Kota Ambon mencatat ada 320 Nakes yang mengikuti proses screening awal. Namun hanya 179 yang lolos untuk vaksinasi.
Terdapat sejumlah vaktor penyebab yang membuat sebagian besar nakes harus menunda untuk vaksinasi.
“Ada yang comorbid, tekanan darah kurang dan lain sebagainya,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Wenddy Pelupessy.

Sebelum akhirnya menerima vaksin, para peserta memang harus mengikuti tes untuk memastikan tubuh mereka benar-benar sehat dan siap menerima vaksin covid-19 sinovac. Kepada wartawan melalui pesan singkat dia menjelaskan dari hasil rekap data selama tiga hari vaksinasi, baru ada 179 telah divaksin. “Mereka ini dari semua fasyankes yang telah ditetapkan,” katanya.

Ditemukan berbeda, Walikota Ambon Richard Louhenapessy juga memberikan data yang sama. Perkembangan vaksin memang baru menjangkau kurang dari 200 Nakes hingga hari ini. Proses vaksin ini katanya akan terus berjalan hingga nakes menerima vaksin. “Prosesnya kan bertahap. Dari Januari hingga April untuk tahap pertama,” terang Richard Louhenapessy kepada awak media di Balai Kota Ambon, Senin (18/1/2021).

Ketika ditanya mengenai nakes yang gagal vaksin, Richard menyebutkan mereka diupayakan ikut kada vaksin tahap kedua. Artinya mereka yang gagal lantaran kondisi kesehatan tidak memenuhi syarat vaksin, akan kembali jalani pemeriksaan screening di tahap kedua. (PRISKA BIRAHY)