Baru Enam CPNS Yang Lolos Pada Tiga Sesi Hari Pertama CAT

by
Para peserta tes CAT seleksi kompetensi dasar CPNS Provinsi Maluku hari pertama sementara melihat hasil tes pada layar inforamasi yang terhubung langsung pada komputer di ruang tes Makorem 151 Binaiya, Batu Gajah Ambon. FOTO: PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Hari pertama seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil lingkup Provinsi Maluku hanya enam yang lolos. Peserta computer assisted test (CAT) mengikuti ujian sejak pukul 08.00 hingga 17.00 di gedung serbaguna Makorem 151 binaiya, Batu Gajah Ambon.

Tes seleksi berjalan tiga hari. Tiap harinya diisi lima sesi tes yang masing-masing diikuti 180 peserta. Pada hari pertama tes siang tadi, peserta yang telah selesai tes tampak serius memandangi layar monitor informasi hasil tes peserta pada sesi yang tengah berlangsung.

Dari situ diketahui hanya ada dua orang yang lolos di tiap sesi yang diikuti hampir 200 peserta itu. Bahkan hingga sesi ketiga, tercatat baru enam orang yang lolos. Mereka adalah yang berhasil mencapai passing grade pada tiga jenis soal. Yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelejensi umum (TIU) dan tes kompetensi dasar (TKP).

Rani Raudiyah Tualeka, salah satu dari dua peserta yang lolos di sesi ketiga. Dia mengaku tak menyangka bisa bisa menjawab semua soal dengan tepat. “Beta seng sangka saja. Padahal beta yakin beta seng lolos,” ungkapnya dengan suara bergetar dan bahagia di depan ruang tes Senin (5/11/2018).

Dia sengaja meyisakan tujuh soal pada tes intelejensi umum (TIU) untuk dituntaskan di sisa menit terakhir. Menurutnya soal-soal TIW cukup sulit dan memakan banyak waktu. Sempat muncul ketidakyakinan dalam diri saat mengerjakan soal itu.

Namun perempuan yang melamar menjadi pengawas perikanan di Kabupaten Buru Selatan itu berusaha fokus dan menuntaskan semua soal sesuai waktu 90 menit yang ditetapkan.

“Beta ingat pengawas bilang saja, fokus dan perhitungkan wkatu. Karena itu beta pokoknya berusaha kerja maksimal saja sampai abis,” aku alumnus Management Sumber Daya 2011 Fakultas Universitas Darussalam Ambon.

Sisa waktu delapan menit itu, digunakan untuk menyelesaikan tujuh pertanyaan pada kategori yang dirasa sulit. Meski ada ketidakyakinan, namun nyatanya kerja kerasnya berbuah hasil. Dia jadi salah satu dari dua peserta CAT yang lolos pada sesi ketiga.

loading...

Di lain sisi, ada rasa sedih dan kecewa muncul pada peserta yang tidak lolos. Ema Hanubun, mengaku sedih dengan hasil tes siang tadi. Kerja keras di ruang tes tak sejalan dengan hasil yang diperoleh. “Soalnya panjang-panjang dan beta seng teliti liat waktu. Apalagi di bagian TKP, itu harus baca ulang-ulang,” beber dia.

Kalimat di bagian TKP cukup panjang dan menyulitkan dirinya memahami maksud soal tersebut. Ema bahkan sempat kelabakan pada 30 menit terkahir. Itu lantaran masih banyak soal yang belum genap diselesaikan.

“Jadi beta tu baca ulang-ulang, padahal seng sadar waktu su mau habis. Tapi seng apa-apa, masih bisa coba lagi,” terang alumnus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura Ambon kepada wartawan. Hal itu juga dirasa beberapa peserta tes lain.

Isra Budi, Kapala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Malukumengatakan tingkat kelulusan seleksi CPNS pada sesi ini rendah. Itu terlihat dari jumlah peserta tes dan yang lolos.

“Miris sebenarnya lihat hasil dua sesi ini. Kalau presentasi hasil seng bisa dikira-kira sebab masih ada hari kedua dan tiga,” jelasnya. Namun dia tetap optimistis jumlah peserta lolos meingkat di hari kedua dan ketiga. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *